Indikator Kunci Rkm Dan Rkam 8 Standar Untuk Mi Mts Ma
Indikator kunci ini memuat rincian dari tiruana kebutuhan manajemen sekolah / madrasah yang tertuang dalam 8 standar (standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar masukana pramasukana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian).
Indikator kunci ini biasanya digunakan dalam penyusunan RKM dan RKAM yang diharapkan dalam proses pencairan dana BOS. Namun bisa juga digunakan sebagai pola manajemen untuk melengkapi perangkat akreditasi, atau spesialuntuk sekedar tertib administrasi. Kaprikornus tiruana poin kebutuhan sekolah / madrasah sudah dirinci dalam indikator ini.
Selain itu, dalam indikator kunci ini juga terdapat poin-poin yang harus ada dalam bentuk bukti fisik. Supaya lebih detail dan praktis dipahami, saya contohkan 2 poin saja per masing-masing standar diatas diberikut ini:
misal Indikator Kunci dan Bukti Fisik 8 Standar Pendidikan
1. Standar isi / pengembangan kurikulum
Sekolah melaksanakan agenda remedial bagi penerima didik yang belum mencapai ketuntasan
- Rancangan program remedial
- Jadwal Pelaksanaan agenda remedial
- Data guru pemdiberi agenda remedial
- Data siswa penerima agenda remedial
Sekolah melaksanakan aktivitas ekstra kurikuler diorganisasikan/diprogram melalui perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut
- Daftar Hadir aktivitas ekstrakurikuler
- Daftar aktivitas ekstrakurikuler dan pembinanya
- Program Kegiatan Ekstrakurikuler
- Catatan penilaian Ekstrakurikuler
- Laporan Kegiatan Ekstrakurikuler
2. Standar proses / pengembangan proses pembelajaran
Sekolah merumuskan muatan komponen dalam silabus sebagai pola pengembangan dalam RPP terdiri dari: Identitas mata pelajaran, KI, KD , Indikator pencapaian kompetensi, bahan ajar, aktivitas pembelajaran yang memuat pendidikan budaya dan karakter, penilaian hasil berguru yang memuat pendidikan budaya dan karakter, alokasi waktu, dan sumber belajar.
- Dokumen KTSP
- Silabus tiruana mata pelajaran yang memuat komponen sebagai pola pengembangan RPP
- Silabus muatan lokal yang memuat komponen sebagai pola pengembangan RPP
Sekolah menyediakan beberapa buku dan sumber berguru lainnya dengan praktis untuk dipinjam dan digunakan di luar sekolah dalam kurun waktu tidak lebih dari satu ahad dan sanggup diperpanjang.
- Buku referensi
- Buku panduan
- Buku pengayaan
- Daftar pengunjung perpustakaan
- Daftar peminjam buku perpustakaan
3. Standar kompetensi lulusan/pengembangan kompetensi lulusan (akademik dan non akademik)
Hasil berguru penerima didik tiap mata pelajaran di sekolah melampui KKM standar minimal nasional (75%)
- Penetapan KKM oleh Kepala Sekolah
- Lagger/ daftar kumpulan nilai
- Raport
- Rekapitulasi pencapaian KKM tiruana mata pelajaran
Peserta didik di Sekolah membuatkan kemampuan tentang lingkungan hidup sebagai diberikut:
- Dokumen hasil karya siswa
- Dokumen penilaian guru agama
- Dokumen aktivitas ekstra kurikuler
- Dokumen hasil pengamatan guru BK
4. Standar pendidik dan tenaga kependidikan
Sekolah mempunyai tenaga manajemen (rombongan berguru lebih dari 6)
- Papan data guru dan tenaga kependidikan
- SK Pembagian Tugas
- Analisis Kebutuhan tenaga kependidikan
- Dokumen adminstrasi masing-masing PTK"
Sekolah mempunyai Kepala Perpustakaan yang memenuhi standar sebagai diberikut:
- Ijasah
- SK Pengangkatan
- Sertifikat Pustakawan
- Program kepala perpustakaan
- Buku induk perpustkaan
5. Standar masukana dan pramasukana sekolah
Sekolah melaksanakan pemeliharaan berdasarkan surat perintah kerja
- RKS/M/RKAS/M
- Dokumen foto
- Surat perintah kerja
- Jadwal pelaksanaan
- Buku laporan pemeliharaan
Sekolah menentukan lokasi yang terhindar dari ancaman yang mengancam kesehatan dan keselamatan
- Pagar sekolah
- Sanitasi sekolah
- Bak sampah
- Tempat basuh tangan
6. Standar pengelolaan / pengembangan dan implementasi manajemen sekolah
Sekolah melaksanakan peningkatan dan pengembangan kinerja dan profesi pendidik dan tenaga kependidikan melalui :
- Program Pemberdayaan PTK
- SK sumbangan kiprah pendidik
- SK sumbangan kiprah bagi tenaga kependidikan (Kepala sekolah, Wakil, penanggung balasan perpustakaan, Lab, UKS, tenaga administrasi)
- Daftar Promosi (Guru berprestasi, Cakep, Studi lanjut)
- Sertifikat Guru
- Sertifikat Diklat/ Sosialisasi/WoRKS/Mhop
- Laporan kinerja PTK.
- Tata tertib / SOP PTK.
- DP3. / PPK penilain Prestasi Kerja
Sekolah menyusun tujuan planning kerja
- RKM
- Dokumen rumusan tujuan
- Daftar Hadir Rapat
- Notulen rapat
- Dokumen perumusan RKTM
- Laporan Hasil perumusan RKM dan RKTM
- Dokumentasi aktivitas RKTM/RKM
- Laporan hasil Review RKTM tahun sebelumnya
7. Standar pembiayaan / pengembangan dan penggalian dana pendidikan
Sekolah mempunyai Visi yang disusun dengan cara :
- Daftar hadir rapat visi misi
- Notulen rapat visi misi
- Dokumen perumusan Visi Misi
- Papan Visi dan Misi
- Dokumen wawancara
- Dokumen pengamatan
- Daftar hadir sosialisasi
- Laporan hasil Review secara berkala
Sekolah mempersiapkan unsur-unsur pelaksanaan akreditasi.
- Instrumen penilaian kinerja sekolah
- Instrumen kinerja guru
- Instrumen kinerja Tenaga kependidikan
- Program Penilaian
- Program Remedial
- Daftar hadir Siswa
8. Standar penilaian: pengembangan dan implementasi penilaian
tiruana guru di Sekolah membuat kisi-kisi soal
- Dokumen Kisi-kisi Soal oleh tiruana guru
- Dokumen Program ulangan tengah semester , kenaikan kelas, dan ulangan semester
- Dokumen Silabus dan RPP
tiruana guru di Sekolah menyusun agenda ulangan harian berdasarkan Kompetensi Dasar, atau beberapa indikator setiap mata pelajaran
- Kalender Pendidikan
- Program ulangan harian
- Dokumen Silabus dan RPP
Semuanya spesialuntuk citra 2 poin untuk masing-masing standar pendidikan
Download Indikator Kunci Untuk Penyusunan RKM dan RKAM dalam 8 Standar
Selengkapnya bisa anda download pada link diberikut ini:
Download
Itulah dari saya tentang Indikator Kunci 8 Standar Pendidikan, semoga bisa menjadi acuan tertib administrasi. Amin...