Soal Himpunan Matematika Kelas 7 Smp Plus Kunci Balasan Pembahasan
Halo adik-adik, diberikut ini 25 butir Soal Himpunan Kelas 7 SMP/MTs. Bentuk soal pilihan ganda. Soal sudah dilengkapi dengan kunci jawabanan dan pembahasan secara mendetail. Soal dan pembahasan juga sanggup kalian download untuk kiprah sekolah yang mana file sanggup diedit dan silahkan dipakai sebagaimana mestinya. Selamat berguru ....
Modul Pembelajaran SMP/MTs Kelas 7 dengan pengubahan seperlunya
I. Berilah tanda silang (X) pada abjad a, b, c atau d di depan jawabanan yang paling benar !
1. Diketahui A = {2, 3, 4} dan B = {1, 3}, maka A ∪ B yaitu ....
A. {3}
B. {1, 2, 3, 4}
C. {1, 3}
D. {2, 4}
2. Diketahui M = {a, i, u, e, o} dan N = {a, u, o}, maka n(M ∪ N) yaitu ....
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
3. Diketahui X = {x | x < 6, x є bilangan asli) dan Y = {x | - 1 ≤ x ≤ 5, x є bilangan bulat}, maka anggota (X ∩ Y) yaitu ....
A. {0, 1, 2, 3, 4, 5}
B. {1, 2, 3, 4, 5}
C. {-1, 0, 1, 2, 3, 4}
D. {-1, 0, 1, 2, 3, 4, 5}
4. Jika n(A)= 10, n(B)= 8, dan n(A ∩ B)= 8, maka nilai n(A ∪ B) yaitu ....
A. 8
B. 9
C. 10
D. 11
5. Diketahui S= {bilangan orisinil kurang dari 10} dan A= {2, 4, 6, 8}. Nilai dari Ac yaitu ....
A. {1, 2, 3, .... , 9}
B. {0, 1, 3, 5, 7, 9}
C. {2, 4, 6, 8}
D. {1, 3, 5, 7, 9}
6. Jika P = {1, 5} dan Q = {1, 3, 5, 7}, maka P ∪ Q yaitu ....
A. P
B. Q
C. {0}
D. Ø
7. Diketahui P = {bilangan orisinil kurang dari 5}, Q = {bilangan cacah kurang dari 6}, dan R = {bilangan ganjil kurang dari 6}, maka n(P – (Q ∩ R)) yaitu ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
8. Jika A = {x | -5 ≤ x ≤ 15, x є bilangan bulat}, maka n(A) yaitu ....
A. 18
B. 19
C. 20
D. 21
9. Perhatikan diagaram Venn diberikut !
A ∩ B yaitu ....
A. {4, 8, 10}
B. {1, 2, 3, 5, 6, 7, 9}
C. {3, 4, 5, 7, 8, 10}
D. {3, 5, 7}
10. Diketahui: A = {1, 3, 5, 7, 9} dan B = {0, 3, 6, 9}, maka A ∪ B yaitu ....
A. {0, 1, 3, 5, 6, 7, 9}
B. {1, 3, 5, 6, 7, 9}
C. {0, 1, 3, 5, 6, 7}
D. {3, 9}
11. Diketahui : { x | -1 ≤ x < 3 ; x є bilangan asli}. Semua bilangan lingkaran x yaitu ....
A. {-1, 0, 1, 2, 3}
B. {0, 1, 2, 3}
C. {-1, 0, 1, 2}
D. {1, 2}
12. Diketahui B = {1, 2, 3, 4}. Banyaknya himpunan bab dari B yaitu ....
A. 4
B. 8
C. 16
D. 32
13. Diketahui : K = {x | -1 ≤ x ≤ 3; x є bilangan bulat} dan L = {x | 0 < x ≤ 5; x є bilangan prima}. Maka K – L yaitu ....
A. {-1, 0, 1, 2, 3}
B. {-1, 0, 1, 2}
C. {-1, 0, 1}
D. {2, 3, 5}
14. Diketahui : S = {0, 1, 2, 3, .... , 10}
A = {2, 3, 4, 5, 7} dan B = {1, 3, 5, 7, 9}, maka Ac yaitu ....
A. {3, 5, 7}
B. {0, 1, 6, 8, 9, 10}
C. {0, 6, 8, 9, 10}
D. {0, 1, 6, 8, 10}
15. Perhatikan diagram Venn diberikut !
Jika diketahui n(S) = 50, n(A) = (15 – x), n(B) = (27 + x), maka banyaknya irisan A dan B yaitu ....
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
16. Diketahui himpunan jikalau A = {bilangan cacah kurang dari 8} dan B = {faktor dari 6}. melaluiataubersamaini mendaftar anggotanya, maka n(A ∪ B) yaitu ....
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
17. Jika n(P) = 100, n(Q) = 120, dan n(P ∩ Q)= 80, maka n(P ∪ Q) yaitu ....
A. 80
B. 100
C. 120
D. 140
18. Jika A = {1, 2, 3, 4}, B = {2, 4}, dan C = {1, 2, 3, 4, 5}, maka (A ∪ B) ∩ C yaitu ....
A. {1,2,3,4,5}
B. {5}
C. {2,4}
D. {1,2,3,4}
19. Jika S = {0, 1, 2, .... , 20}dan B ={x | x < 18, x є bilangan asli) maka Bc adalah ....
A. {0,18,19,20}
B. {18,19,20}
C. {0,18}
D. {0}
20. Diketahui A = {10, 11, 12, 13}, B = {bilangan cacah antara 10 dan 15}, dan C ={x | 8 ≤ 5 ≤ 12, x є bilangan asli) maka A – (B ∩ C) dan A – (B ∪ C) yaitu ....
A. {11, 12} dan {10, 11, 12, 13}
B. {11, 12} dan {8, 9, 14}
C. {10, 13} dan {10, 11, 12, 13}
D. {10, 13} dan {8, 9, 14}
21. Di kelas VII-C berjumlah 35 anak. Sesudah didata, 21 anak menyukai pelajaran Matematika, 20 anak menyukai pelajaran Biologi, dan 10 anak menyukai kedua-duanya. Jumlah anak yang tidak menyukai kedua-duanya yaitu .... anak.
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
22. Dari 35 anak, terdapat (25 – x) anak gemar makan permen dan (18 – x) gemar makan coklat. Jika 7 anak tidak gemar makan permen dan coklat, maka banyaknya anak yang gemar makan coklat yaitu .... anak.
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
23. Dari 40 anak diketahui 16 anak suka menulis, 22 suka membaca, dan 12 anak tidak suka menulis dan membaca. Banyaknya anak yang suka menulis dan membaca yaitu .... anak.
A. 10
B. 12
C. 14
D. 16
24. Suatu kelas terdapat 30 anak. 15 anak suka menggambar, 20 anak suka menyanyi, dan 8 anak suka kedua-duanya. Banyaknya anak yang tidak suka kedua-duanya yaitu ....
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
25. Survei pertanda 30 anak menyukai serial Upin Ipin, 20 anak menyukai serial Shaun the Seep, dan 19 anak menyukai serial Upin Ipin dan Shaun the Seep. Banyaknya penerima yang mengikuti survei yaitu .... anak.
A. 30
B. 31
C. 32
D. 33
Bagaimana pola soal himpunan matematika yang ada di blog ini? cepatdangampang-gampang apa terlalu susah? Kalau dirasa susah, tidakboleh khawatir. Simak pembahasan soal diberikut ini.
Pembahasan
Diket:
-A = {2, 3, 4}
-B = {1, 3}
Maka, A ∪ B = {1, 2, 3, 4}
Jawaban: B
2. Diketahui M = {a, i, u, e, o} dan N = {a, u, o}, maka n(M ∪ N) yaitu ....
Pembahasan
Diket:
-M = {a, i, u, e, o}
-N = {a, u, o}
M ∪ N = {a, i, u , e, o}
Maka, n(M ∪ N) = 5
Jawaban: A
3. Diketahui X = {x | x < 6, x є bilangan asli) dan Y = {x | - 1 ≤ x ≤ 5, x є bilangan bulat}, maka anggota (X ∩ Y) yaitu ....
Pembahasan
X = {x | x < 6, x є bilangan asli)
= {1, 2, 3, 4, 5}
Y = {x | - 1 ≤ x ≤ 5, x є bilangan bulat}
= {-1, 0, 1, 2, 3, 4, 5}
(X ∩ Y) = {1, 2, 3, 4, 5}
Jawaban: B
4. Jika n(A)= 10, n(B)= 8, dan n(A ∩ B)= 8, maka nilai n(A ∪ B) yaitu ....
Pembahasan
n(A)= 10, n(B)= 8, dan n(A ∩ B)= 8
n(A ∪ B) = n(A) + n(B) - n(A ∩ B)
= 10 + 8 – 8
= 10
Jawaban: C
5. Diketahui S= {bilangan orisinil kurang dari 10} dan A= {2, 4, 6, 8}. Nilai dari Ac adalah
Pembahasan
S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}
A = {2, 4, 6, 8}
Ac = {1, 3, 5, 7, 9}
Jawaban: D
6. Jika P = {1, 5} dan Q = {1, 3, 5, 7}, maka P ∪ Q yaitu ....
Pembahasan
Diket:
-P = {1, 5}
-Q = {1, 3, 5, 7}
Maka, P ∪ Q = {1, 3, 5, 7}
Jadi, {1, 3, 5, 7} = Q
Jawaban: B
7. Diketahui P = {bilangan orisinil kurang dari 5}, Q = {bilangan cacah kurang dari 6}, dan R = {bilangan ganjil kurang dari 6}, maka n(P – (Q ∩ R)) yaitu ....
Pembahasan
P = {bilangan orisinil kurang dari 5}
= {1, 2, 3, 4}
Q = {bilangan cacah kurang dari 6}
= {0, 1, 2, 3, 4, 5}
R = {bilangan ganjil kurang dari 6}
= {1, 3, 5}
(Q ∩ R) = {1, 3, 5}
P – (Q ∩ R) = ({1, 2, 3, 4} - {1, 3, 5})
n(P – (Q ∩ R)) = 4 – 3
= 1
Jawaban: A
8. Jika A = {x | -5 ≤ x ≤ 15, x є bilangan bulat}, maka n(A) yaitu ....
Pembahasan
A = {x | -5 ≤ x ≤ 15, x є bilangan bulat}
= {-5, -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15}
n(A) = 21
Jawaban: D
9. Perhatikan diagaram Venn diberikut !
A ∩ B yaitu ....
Pembahasan
A = {1, 3, 5, 6, 7, 9}
B = {2, 3, 5, 7}
A ∩ B = {3, 5, 7}
Jawaban: D
10. Diketahui: A = {1, 3, 5, 7, 9} dan B = {0, 3, 6, 9}, maka A ∪ B yaitu ....
Pembahasan
A = {1, 3, 5, 7, 9}
B = {0, 3, 6, 9}
A ∪ B = {0, 1, 3, 5, 6, 7, 9}
Jawaban: A
11. Diketahui : {x | -1 ≤ x < 3 ; x є bilangan orisinil }. Semua bilangan lingkaran x yaitu ....
Pembahasan
Diketahui : { x | -1 ≤ x < 3 ; x є bilangan orisinil }
: {1, 2}
Jawaban: D
12. Diketahui B = {1, 2, 3, 4}. Banyaknya himpunan bab dari B yaitu ....
Pembahasan
n(B) = 4
Banyaknya himpunan bab = 2n
24 = 16
Jawaban: C
13. Diketahui : K = {x | -1 ≤ x ≤ 3; x є bilangan bulat} dan L = {x | 0 < x ≤ 5; x є bilangan prima}. Maka K – L yaitu ....
Pembahasan
K = {x | -1 ≤ x ≤ 3; x є bilangan bulat}
= {-1, 0, 1, 2, 3}
L = {x | 0 < x ≤ 5; x є bilangan prima}
= {1, 2, 3, 5}
K – L = ({-1, 0, 1, 2, 3} - {2, 3, 5})
= {-1, 0, 1}
Jawaban: C
14. Diketahui : S = {0, 1, 2, 3, .... , 10}
A = {2, 3, 4, 5, 7} dan B = {1, 3, 5, 7, 9}, maka Ac adalah ....
Pembahasan
S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}
A = {2, 3, 4, 5, 7}
B = {1, 3, 5, 7, 9}
Ac = {0, 1, 6, 8, 9, 10}
Jawaban: B
15. Perhatikan diagram Venn diberikut !
Jika diketahui n(S) = 50, n(A) = (15 – x), n(B) = (27 + x), maka banyaknya irisan A dan B yaitu ....
Pembahasan
n(S) = n(A) – x + n(A ∩ B) + n(B) + x
50 = 15 – x + x + 27 + x
50 = 42 + x
8 = x
Jawaban: D
16. Diketahui himpunan jikalau A = {bilangan cacah kurang dari 8} dan B = {faktor dari 6}. melaluiataubersamaini mendaftar anggotanya, maka n(A ∪ B) yaitu ....
Pembahasan
A = {bilangan cacah kurang dari 8}
= {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}
B = {faktor dari 6}
= {2, 3}
A ∪ B = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}
n(A ∪ B) = 8
Jawaban: D
17. Jika n(P) = 100, n(Q) = 120, dan n(P ∩ Q)= 80, maka n(P ∪ Q) yaitu ....
Pembahasan
n(P)= 100, n(Q)= 120, dan n(P ∩ Q)= 80
n(A ∪ B) = n(P) + n(Q) - n(P ∩ Q)
= 100 + 120 – 80
= 140
Jawaban: D
18. Jika A = {1, 2, 3, 4}, B = {2, 4}, dan C = {1, 2, 3, 4, 5}, maka (A ∪ B) ∩ C yaitu ....
Pembahasan
A = {1, 2, 3, 4}
B = {2, 4}
C = {1, 2, 3, 4, 5}
A ∪ B = {1, 2, 3, 4}
(A ∪ B) ∩ C = {5}
Jawaban: B
19. Jika S = {0, 1, 2, .... , 20}dan B ={x | x < 18, x є bilangan asli) maka Bc adalah ....
Pembahasan
S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20}
B = {x | x < 18, x є bilangan asli}
= {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17}
Jawaban: A
20. Diketahui A = {10, 11, 12, 13}, B = {bilangan cacah antara 10 dan 15}, dan C ={x | 8 ≤ 5 ≤ 12, x є bilangan asli) maka A – (B ∩ C) dan A – (B ∪ C) yaitu ....
Pembahasan
A = {10, 11, 12, 13}
B = {bilangan cacah antara 10 dan 15}
= {11, 12, 13, 14}
C = {x | 8 ≤ x ≤ 12, x є bilangan asli}
= {8, 9, 10, 11, 12}
A – (B ∩ C) = ({10, 11, 12, 13} – {11, 12})
= {10, 13}
A – (B ∪ C) = ({10, 11, 12, 13} – {8, 9, 10, 11, 12, 13, 14})
= {8, 9, 14}
Jawaban: D
21. Di kelas VII-C berjumlah 35 anak. Sesudah didata, 21 anak menyukai pelajaran Matematika, 20 anak menyukai pelajaran Biologi, dan 10 anak menyukai kedua-duanya. Jumlah anak yang tidak menyukai kedua-duanya yaitu .... anak.
Pembahasan
Misal:
-S = himpunan semesta
-M = menyukai pelajaran matematika
-B = menyukai pelajaran biologi
-T = tidak menyukai keduanya
Diket:
-n(S) = 35 anak
-n(M) = 21 anak
-n(B) = 20 anak
-n(M ∩ B) = 10 anak
Dit: Jumlah anak yang tidak menyukai kedua-duanya...?
Jawab: n(S) = (n(M) + n(B) – n(M ∩ B)) + n(T)
35 = (21 + 20 - 10) + n(T)
35 = 31 + n(T)
4 = n(T)
Jawaban: B
22. Dari 35 anak, terdapat (25 – x) anak gemar makan permen dan (18 – x) gemar makan coklat. Jika 7 anak tidak gemar makan permen dan coklat, maka banyaknya anak yang gemar makan coklat yaitu .... anak.
Pembahasan
Misal:
-S = himpunan semesta
-P = gemar makan permen
-C = gemar makan coklat
-T = tidak gemar makan keduanya
Diket:
-n(S) = 35 anak
-n(P) = (25 – x)
-n(C) = (18 – x)
-n(T) = 7 anak
Dit: Banyaknya anak yang gemar makan coklat...?
Jawab: n(S) = n(P) + n(C) + n(P ∩ C) + n(T)
35 = (25 - x) + (18 – x) + x + 7
35 = 50 – x
x = 15
n(C) = (18 – x)
= 18 – 15
= 3
Jawaban: A
23. Dari 40 anak diketahui 16 anak suka menulis, 22 suka membaca, dan 12 anak tidak suka menulis dan membaca. Banyaknya anak yang suka menulis dan membaca yaitu .... anak.
Pembahasan
Misal:
-S = himpunan semesta
-A = suka menulis
-B = suka membaca
-T = tidak suka keduanya
Diket:
-n(S) = 40 anak
-n(A) = 16 anak
-n(B) = 22 anak
-n(T) = 12 anak
Dit: Banyaknya anak yang suka menulis dan membaca...?
Jawab: n(S) = n(A) + n(B) + n(A ∩ B) + n(T)
40 = 16 + 22 + x + 12
40 = 50 – x
x = 10
Jawaban: A
24. Suatu kelas terdapat 30 anak. 15 anak suka menggambar, 20 anak suka menyanyi, dan 8 anak suka kedua-duanya. Banyaknya anak yang tidak suka kedua-duanya yaitu ....
Pembahasan
Misal:
-S = himpunan semesta
-G = suka menggambar
-H = suka menyanyi
-G ∩ H = suka keduanya
-T = tidak suka keduanya
Diket:
-n(S) = 30 anak
-n(G) = 15 anak
-n(H) = 20 anak
-n(G ∩ H) = 8 anak
Dit: Banyaknya anak yang tidak suka keduanya...?
Jawab: n(S) = (n(G) + n(H) - n(G ∩ N)) + n(T)
30 = (15 + 20 – 8) + n(T)
30 = 27 + n(T)
3 = n(T)
Jawaban: A
25. Survei pertanda 30 anak menyukai serial Upin Ipin, 20 anak menyukai serial Shaun the Seep, dan 19 anak menyukai serial Upin Ipin dan Shaun the Seep. Banyaknya penerima yang mengikuti survei yaitu .... anak.
Pembahasan
Misal:
-S = himpunan semesta
-Uu = suka Upin Ipin
-Ss = suka Shaun the Seep
-Uu ∩ Ss = suka keduanya
Diket:
-n(Uu) = 30 anak
-n(Ss) = 20 anak
-n(Uu ∩ Ss) = 19 anak
Dit: n(S)...?
Jawab: n(S) = n(Uu) + n(Ss) - n(Uu ∩ Ss)
n(S) = 30 + 20 - 19
n(S) = 31
Jawaban: B
Download Soal Himpunan Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama plus Kunci Jawaban dan Pembahasan
Bagaimana? Sekarang tiruana jadi simpel bukan? Semoga dengan adanya 25 misal Soal Himpunan Matematika Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama plus Kunci Jawaban Pembahasan ini sanggup menambah rujukan belajar.
Soal Himpunan Kelas 7
Referensi soal :Modul Pembelajaran SMP/MTs Kelas 7 dengan pengubahan seperlunya
I. Berilah tanda silang (X) pada abjad a, b, c atau d di depan jawabanan yang paling benar !
1. Diketahui A = {2, 3, 4} dan B = {1, 3}, maka A ∪ B yaitu ....
A. {3}
B. {1, 2, 3, 4}
C. {1, 3}
D. {2, 4}
2. Diketahui M = {a, i, u, e, o} dan N = {a, u, o}, maka n(M ∪ N) yaitu ....
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
3. Diketahui X = {x | x < 6, x є bilangan asli) dan Y = {x | - 1 ≤ x ≤ 5, x є bilangan bulat}, maka anggota (X ∩ Y) yaitu ....
A. {0, 1, 2, 3, 4, 5}
B. {1, 2, 3, 4, 5}
C. {-1, 0, 1, 2, 3, 4}
D. {-1, 0, 1, 2, 3, 4, 5}
4. Jika n(A)= 10, n(B)= 8, dan n(A ∩ B)= 8, maka nilai n(A ∪ B) yaitu ....
A. 8
B. 9
C. 10
D. 11
5. Diketahui S= {bilangan orisinil kurang dari 10} dan A= {2, 4, 6, 8}. Nilai dari Ac yaitu ....
A. {1, 2, 3, .... , 9}
B. {0, 1, 3, 5, 7, 9}
C. {2, 4, 6, 8}
D. {1, 3, 5, 7, 9}
6. Jika P = {1, 5} dan Q = {1, 3, 5, 7}, maka P ∪ Q yaitu ....
A. P
B. Q
C. {0}
D. Ø
7. Diketahui P = {bilangan orisinil kurang dari 5}, Q = {bilangan cacah kurang dari 6}, dan R = {bilangan ganjil kurang dari 6}, maka n(P – (Q ∩ R)) yaitu ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
8. Jika A = {x | -5 ≤ x ≤ 15, x є bilangan bulat}, maka n(A) yaitu ....
A. 18
B. 19
C. 20
D. 21
9. Perhatikan diagaram Venn diberikut !
A ∩ B yaitu ....
A. {4, 8, 10}
B. {1, 2, 3, 5, 6, 7, 9}
C. {3, 4, 5, 7, 8, 10}
D. {3, 5, 7}
10. Diketahui: A = {1, 3, 5, 7, 9} dan B = {0, 3, 6, 9}, maka A ∪ B yaitu ....
A. {0, 1, 3, 5, 6, 7, 9}
B. {1, 3, 5, 6, 7, 9}
C. {0, 1, 3, 5, 6, 7}
D. {3, 9}
11. Diketahui : { x | -1 ≤ x < 3 ; x є bilangan asli}. Semua bilangan lingkaran x yaitu ....
A. {-1, 0, 1, 2, 3}
B. {0, 1, 2, 3}
C. {-1, 0, 1, 2}
D. {1, 2}
12. Diketahui B = {1, 2, 3, 4}. Banyaknya himpunan bab dari B yaitu ....
A. 4
B. 8
C. 16
D. 32
13. Diketahui : K = {x | -1 ≤ x ≤ 3; x є bilangan bulat} dan L = {x | 0 < x ≤ 5; x є bilangan prima}. Maka K – L yaitu ....
A. {-1, 0, 1, 2, 3}
B. {-1, 0, 1, 2}
C. {-1, 0, 1}
D. {2, 3, 5}
14. Diketahui : S = {0, 1, 2, 3, .... , 10}
A = {2, 3, 4, 5, 7} dan B = {1, 3, 5, 7, 9}, maka Ac yaitu ....
A. {3, 5, 7}
B. {0, 1, 6, 8, 9, 10}
C. {0, 6, 8, 9, 10}
D. {0, 1, 6, 8, 10}
15. Perhatikan diagram Venn diberikut !
Jika diketahui n(S) = 50, n(A) = (15 – x), n(B) = (27 + x), maka banyaknya irisan A dan B yaitu ....
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
16. Diketahui himpunan jikalau A = {bilangan cacah kurang dari 8} dan B = {faktor dari 6}. melaluiataubersamaini mendaftar anggotanya, maka n(A ∪ B) yaitu ....
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
17. Jika n(P) = 100, n(Q) = 120, dan n(P ∩ Q)= 80, maka n(P ∪ Q) yaitu ....
A. 80
B. 100
C. 120
D. 140
18. Jika A = {1, 2, 3, 4}, B = {2, 4}, dan C = {1, 2, 3, 4, 5}, maka (A ∪ B) ∩ C yaitu ....
A. {1,2,3,4,5}
B. {5}
C. {2,4}
D. {1,2,3,4}
19. Jika S = {0, 1, 2, .... , 20}dan B ={x | x < 18, x є bilangan asli) maka Bc adalah ....
A. {0,18,19,20}
B. {18,19,20}
C. {0,18}
D. {0}
20. Diketahui A = {10, 11, 12, 13}, B = {bilangan cacah antara 10 dan 15}, dan C ={x | 8 ≤ 5 ≤ 12, x є bilangan asli) maka A – (B ∩ C) dan A – (B ∪ C) yaitu ....
A. {11, 12} dan {10, 11, 12, 13}
B. {11, 12} dan {8, 9, 14}
C. {10, 13} dan {10, 11, 12, 13}
D. {10, 13} dan {8, 9, 14}
21. Di kelas VII-C berjumlah 35 anak. Sesudah didata, 21 anak menyukai pelajaran Matematika, 20 anak menyukai pelajaran Biologi, dan 10 anak menyukai kedua-duanya. Jumlah anak yang tidak menyukai kedua-duanya yaitu .... anak.
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
22. Dari 35 anak, terdapat (25 – x) anak gemar makan permen dan (18 – x) gemar makan coklat. Jika 7 anak tidak gemar makan permen dan coklat, maka banyaknya anak yang gemar makan coklat yaitu .... anak.
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
23. Dari 40 anak diketahui 16 anak suka menulis, 22 suka membaca, dan 12 anak tidak suka menulis dan membaca. Banyaknya anak yang suka menulis dan membaca yaitu .... anak.
A. 10
B. 12
C. 14
D. 16
24. Suatu kelas terdapat 30 anak. 15 anak suka menggambar, 20 anak suka menyanyi, dan 8 anak suka kedua-duanya. Banyaknya anak yang tidak suka kedua-duanya yaitu ....
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
25. Survei pertanda 30 anak menyukai serial Upin Ipin, 20 anak menyukai serial Shaun the Seep, dan 19 anak menyukai serial Upin Ipin dan Shaun the Seep. Banyaknya penerima yang mengikuti survei yaitu .... anak.
A. 30
B. 31
C. 32
D. 33
Bagaimana pola soal himpunan matematika yang ada di blog ini? cepatdangampang-gampang apa terlalu susah? Kalau dirasa susah, tidakboleh khawatir. Simak pembahasan soal diberikut ini.
Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Himpunan Kelas 7
1. Diketahui A = {2, 3, 4} dan B = {1, 3}, maka A ∪ B yaitu ....Pembahasan
Diket:
-A = {2, 3, 4}
-B = {1, 3}
Maka, A ∪ B = {1, 2, 3, 4}
Jawaban: B
2. Diketahui M = {a, i, u, e, o} dan N = {a, u, o}, maka n(M ∪ N) yaitu ....
Pembahasan
Diket:
-M = {a, i, u, e, o}
-N = {a, u, o}
M ∪ N = {a, i, u , e, o}
Maka, n(M ∪ N) = 5
Jawaban: A
3. Diketahui X = {x | x < 6, x є bilangan asli) dan Y = {x | - 1 ≤ x ≤ 5, x є bilangan bulat}, maka anggota (X ∩ Y) yaitu ....
Pembahasan
X = {x | x < 6, x є bilangan asli)
= {1, 2, 3, 4, 5}
Y = {x | - 1 ≤ x ≤ 5, x є bilangan bulat}
= {-1, 0, 1, 2, 3, 4, 5}
(X ∩ Y) = {1, 2, 3, 4, 5}
Jawaban: B
4. Jika n(A)= 10, n(B)= 8, dan n(A ∩ B)= 8, maka nilai n(A ∪ B) yaitu ....
Pembahasan
n(A)= 10, n(B)= 8, dan n(A ∩ B)= 8
n(A ∪ B) = n(A) + n(B) - n(A ∩ B)
= 10 + 8 – 8
= 10
Jawaban: C
5. Diketahui S= {bilangan orisinil kurang dari 10} dan A= {2, 4, 6, 8}. Nilai dari Ac adalah
Pembahasan
S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}
A = {2, 4, 6, 8}
Ac = {1, 3, 5, 7, 9}
Jawaban: D
6. Jika P = {1, 5} dan Q = {1, 3, 5, 7}, maka P ∪ Q yaitu ....
Pembahasan
Diket:
-P = {1, 5}
-Q = {1, 3, 5, 7}
Maka, P ∪ Q = {1, 3, 5, 7}
Jadi, {1, 3, 5, 7} = Q
Jawaban: B
7. Diketahui P = {bilangan orisinil kurang dari 5}, Q = {bilangan cacah kurang dari 6}, dan R = {bilangan ganjil kurang dari 6}, maka n(P – (Q ∩ R)) yaitu ....
Pembahasan
P = {bilangan orisinil kurang dari 5}
= {1, 2, 3, 4}
Q = {bilangan cacah kurang dari 6}
= {0, 1, 2, 3, 4, 5}
R = {bilangan ganjil kurang dari 6}
= {1, 3, 5}
(Q ∩ R) = {1, 3, 5}
P – (Q ∩ R) = ({1, 2, 3, 4} - {1, 3, 5})
n(P – (Q ∩ R)) = 4 – 3
= 1
Jawaban: A
8. Jika A = {x | -5 ≤ x ≤ 15, x є bilangan bulat}, maka n(A) yaitu ....
Pembahasan
A = {x | -5 ≤ x ≤ 15, x є bilangan bulat}
= {-5, -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15}
n(A) = 21
Jawaban: D
9. Perhatikan diagaram Venn diberikut !
A ∩ B yaitu ....
Pembahasan
A = {1, 3, 5, 6, 7, 9}
B = {2, 3, 5, 7}
A ∩ B = {3, 5, 7}
Jawaban: D
10. Diketahui: A = {1, 3, 5, 7, 9} dan B = {0, 3, 6, 9}, maka A ∪ B yaitu ....
Pembahasan
A = {1, 3, 5, 7, 9}
B = {0, 3, 6, 9}
A ∪ B = {0, 1, 3, 5, 6, 7, 9}
Jawaban: A
11. Diketahui : {x | -1 ≤ x < 3 ; x є bilangan orisinil }. Semua bilangan lingkaran x yaitu ....
Pembahasan
Diketahui : { x | -1 ≤ x < 3 ; x є bilangan orisinil }
: {1, 2}
Jawaban: D
12. Diketahui B = {1, 2, 3, 4}. Banyaknya himpunan bab dari B yaitu ....
Pembahasan
n(B) = 4
Banyaknya himpunan bab = 2n
24 = 16
Jawaban: C
13. Diketahui : K = {x | -1 ≤ x ≤ 3; x є bilangan bulat} dan L = {x | 0 < x ≤ 5; x є bilangan prima}. Maka K – L yaitu ....
Pembahasan
K = {x | -1 ≤ x ≤ 3; x є bilangan bulat}
= {-1, 0, 1, 2, 3}
L = {x | 0 < x ≤ 5; x є bilangan prima}
= {1, 2, 3, 5}
K – L = ({-1, 0, 1, 2, 3} - {2, 3, 5})
= {-1, 0, 1}
Jawaban: C
14. Diketahui : S = {0, 1, 2, 3, .... , 10}
A = {2, 3, 4, 5, 7} dan B = {1, 3, 5, 7, 9}, maka Ac adalah ....
Pembahasan
S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}
A = {2, 3, 4, 5, 7}
B = {1, 3, 5, 7, 9}
Ac = {0, 1, 6, 8, 9, 10}
Jawaban: B
15. Perhatikan diagram Venn diberikut !
Jika diketahui n(S) = 50, n(A) = (15 – x), n(B) = (27 + x), maka banyaknya irisan A dan B yaitu ....
Pembahasan
n(S) = n(A) – x + n(A ∩ B) + n(B) + x
50 = 15 – x + x + 27 + x
50 = 42 + x
8 = x
Jawaban: D
16. Diketahui himpunan jikalau A = {bilangan cacah kurang dari 8} dan B = {faktor dari 6}. melaluiataubersamaini mendaftar anggotanya, maka n(A ∪ B) yaitu ....
Pembahasan
A = {bilangan cacah kurang dari 8}
= {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}
B = {faktor dari 6}
= {2, 3}
A ∪ B = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}
n(A ∪ B) = 8
Jawaban: D
17. Jika n(P) = 100, n(Q) = 120, dan n(P ∩ Q)= 80, maka n(P ∪ Q) yaitu ....
Pembahasan
n(P)= 100, n(Q)= 120, dan n(P ∩ Q)= 80
n(A ∪ B) = n(P) + n(Q) - n(P ∩ Q)
= 100 + 120 – 80
= 140
Jawaban: D
18. Jika A = {1, 2, 3, 4}, B = {2, 4}, dan C = {1, 2, 3, 4, 5}, maka (A ∪ B) ∩ C yaitu ....
Pembahasan
A = {1, 2, 3, 4}
B = {2, 4}
C = {1, 2, 3, 4, 5}
A ∪ B = {1, 2, 3, 4}
(A ∪ B) ∩ C = {5}
Jawaban: B
19. Jika S = {0, 1, 2, .... , 20}dan B ={x | x < 18, x є bilangan asli) maka Bc adalah ....
Pembahasan
S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20}
B = {x | x < 18, x є bilangan asli}
= {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17}
Jawaban: A
20. Diketahui A = {10, 11, 12, 13}, B = {bilangan cacah antara 10 dan 15}, dan C ={x | 8 ≤ 5 ≤ 12, x є bilangan asli) maka A – (B ∩ C) dan A – (B ∪ C) yaitu ....
Pembahasan
A = {10, 11, 12, 13}
B = {bilangan cacah antara 10 dan 15}
= {11, 12, 13, 14}
C = {x | 8 ≤ x ≤ 12, x є bilangan asli}
= {8, 9, 10, 11, 12}
A – (B ∩ C) = ({10, 11, 12, 13} – {11, 12})
= {10, 13}
A – (B ∪ C) = ({10, 11, 12, 13} – {8, 9, 10, 11, 12, 13, 14})
= {8, 9, 14}
Jawaban: D
21. Di kelas VII-C berjumlah 35 anak. Sesudah didata, 21 anak menyukai pelajaran Matematika, 20 anak menyukai pelajaran Biologi, dan 10 anak menyukai kedua-duanya. Jumlah anak yang tidak menyukai kedua-duanya yaitu .... anak.
Pembahasan
Misal:
-S = himpunan semesta
-M = menyukai pelajaran matematika
-B = menyukai pelajaran biologi
-T = tidak menyukai keduanya
Diket:
-n(S) = 35 anak
-n(M) = 21 anak
-n(B) = 20 anak
-n(M ∩ B) = 10 anak
Dit: Jumlah anak yang tidak menyukai kedua-duanya...?
Jawab: n(S) = (n(M) + n(B) – n(M ∩ B)) + n(T)
35 = (21 + 20 - 10) + n(T)
35 = 31 + n(T)
4 = n(T)
Jawaban: B
22. Dari 35 anak, terdapat (25 – x) anak gemar makan permen dan (18 – x) gemar makan coklat. Jika 7 anak tidak gemar makan permen dan coklat, maka banyaknya anak yang gemar makan coklat yaitu .... anak.
Pembahasan
Misal:
-S = himpunan semesta
-P = gemar makan permen
-C = gemar makan coklat
-T = tidak gemar makan keduanya
Diket:
-n(S) = 35 anak
-n(P) = (25 – x)
-n(C) = (18 – x)
-n(T) = 7 anak
Dit: Banyaknya anak yang gemar makan coklat...?
Jawab: n(S) = n(P) + n(C) + n(P ∩ C) + n(T)
35 = (25 - x) + (18 – x) + x + 7
35 = 50 – x
x = 15
n(C) = (18 – x)
= 18 – 15
= 3
Jawaban: A
23. Dari 40 anak diketahui 16 anak suka menulis, 22 suka membaca, dan 12 anak tidak suka menulis dan membaca. Banyaknya anak yang suka menulis dan membaca yaitu .... anak.
Pembahasan
Misal:
-S = himpunan semesta
-A = suka menulis
-B = suka membaca
-T = tidak suka keduanya
Diket:
-n(S) = 40 anak
-n(A) = 16 anak
-n(B) = 22 anak
-n(T) = 12 anak
Dit: Banyaknya anak yang suka menulis dan membaca...?
Jawab: n(S) = n(A) + n(B) + n(A ∩ B) + n(T)
40 = 16 + 22 + x + 12
40 = 50 – x
x = 10
Jawaban: A
24. Suatu kelas terdapat 30 anak. 15 anak suka menggambar, 20 anak suka menyanyi, dan 8 anak suka kedua-duanya. Banyaknya anak yang tidak suka kedua-duanya yaitu ....
Pembahasan
Misal:
-S = himpunan semesta
-G = suka menggambar
-H = suka menyanyi
-G ∩ H = suka keduanya
-T = tidak suka keduanya
Diket:
-n(S) = 30 anak
-n(G) = 15 anak
-n(H) = 20 anak
-n(G ∩ H) = 8 anak
Dit: Banyaknya anak yang tidak suka keduanya...?
Jawab: n(S) = (n(G) + n(H) - n(G ∩ N)) + n(T)
30 = (15 + 20 – 8) + n(T)
30 = 27 + n(T)
3 = n(T)
Jawaban: A
25. Survei pertanda 30 anak menyukai serial Upin Ipin, 20 anak menyukai serial Shaun the Seep, dan 19 anak menyukai serial Upin Ipin dan Shaun the Seep. Banyaknya penerima yang mengikuti survei yaitu .... anak.
Pembahasan
Misal:
-S = himpunan semesta
-Uu = suka Upin Ipin
-Ss = suka Shaun the Seep
-Uu ∩ Ss = suka keduanya
Diket:
-n(Uu) = 30 anak
-n(Ss) = 20 anak
-n(Uu ∩ Ss) = 19 anak
Dit: n(S)...?
Jawab: n(S) = n(Uu) + n(Ss) - n(Uu ∩ Ss)
n(S) = 30 + 20 - 19
n(S) = 31
Jawaban: B
Download Soal Himpunan Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama plus Kunci Jawaban dan Pembahasan
Soal Himpunan Matematika Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama plus Kunci Jawaban Pembahasan adalah konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih