Soal Uts Pkn Kelas 2 Semester 1 Terbaru Tahun Fatwa 2018/2019
Berikut ini ialah pola soal UTS PKn kelas 2 semester 1 terbaru tahun anutan 2018/2019. Soal sudah dilengkapi dengan kunci jawabanan. Semoga soal UTS Pkn kelas 2 semester 1 ini sanggup dijadikan rujukan untuk berguru khususnya adik-adik kelas 2 guna persiapan diri menghadapi Ulangan Tengah Semester 1.
1. Di bawah ini ialah perilaku yang sanggup membuat kerukunan yaitu ....
a. gotong royong
b. mengganggu adik
c. bertengkar dengan kawan
2. Kegiatan gotong royong sanggup menumbuhkan ....
a. perpecahan
b. pertikaian
c. persatuan
3. Deni dan keluarganya akan berekreasi. Namun terdengar kabar ada tetangga yang meninggal. Sebaiknya perilaku Deni dan keluarganya ialah ....
a. tetap berangkat
b. menunda rekreasi dan melayat lebih lampau
c. menyuruh pemmenolong yang melayat
4. Di kelasmu ada anakdidik baru. Dia masih malu. Ketika istirahat, ia spesialuntuk sendirian. Sebaiknya engkau...
a. mengejek sebab tidak memiliki kawan
b. mengajaknya bermain
c. membiarkannya tetap sendiri
5. Kelompok Riko sedang melaksanakan diskusi. Agar diskusi sanggup berjalan dengan lancar, mereka harus saling ....
a. memaksakan pendapat
b. merasa paling benar sendiri
c. menghargai pendapat
6. Hidup tenang dan senang sanggup tercipta kalau setiap masyarakat sanggup hidup ....
a. kaya
b. rukun
c. berkecukupan
7. Apabila ada yang mengajukan usul, kita harus ....
a. menentang
b. mengejek
c. menghargai
8. Teman kita ada yang berkelahi. Yang sebaiknya kita lakukan ialah ....
a. membela yang lebih kaya
b. melaporkan kepada guru
c. menuntaskan dengan musyawarah
9. Pertengkaran dalam masyarakat hendaknya harus ....
a. dihindari
b. dibiasakan
c. dikembangkan
10. Agar tercipta kehidupan yang kondusif dan damai, sebaiknya kita saling ....
a. menghibur
b. bersaing
c. menghormati
11. Dino memiliki adik. Adiknya belum sanggup naik sepeda. Adiknya meminta Dino mengajarinya. Dino sebaiknya ....
a. mengajari adiknya naik sepeda
b. mengejek adiknya
c. menyuruh adiknya berguru sendiri
12. melaluiataubersamaini hidup rukun, kita akan merasa ....
a. sedih
b. celaka
c. bahagia
13. melaluiataubersamaini sesama saudara di rumah kita harus ....
a. bertengkar
b. rukun
c. membenci
14. Agar tercipta kerukunan, maka antarkawan harus saling ....
a. bersaing
b. menghargai
c. menyindir
15. Fito memegang dua potong roti. Ia mempersembahkan sepotong rotinya kepada Iwan. Iwan mempersembahkan permen yang dipegangnya kepada Fito. Yang dilakukan Fito dan Iwan mengatakan perilaku saling ....
a. bersaing
b. berbagi
c. memusuhi
16. Ibu guru membagikan soal ulangan. Murid-anakdidik mengerjakan soal ulangan secara ....
a. sendiri-sendiri
b. bergantian
c. bersama-sama
17. Jika melihat ibu mencuci piring, engkau sebaiknya ....
a. akal-akalan tidak tahu
b. asyik menonton televisi
c. memmenolong ibu mencuci piring
18. Manfaat perilaku tolong-menolong ialah ....
a. pekerjaan yang susah menjadi gampang
b. mengurangi harta milik kita
c. membuat kita miskin
19. misal perilaku tolong-menolong di sekolah ialah ....
a. memmenolong mengerjakan ulangan harian
b. memmenolong menghabiskan uang saku kawan
c. meminjami penggaris dan pensil
20. Apabila ada dua mitra yang bermusuhan, kita harus ....
a. mendukung salah satu
b mendamaikannya
c. mengadu domba
21. Daerah Lombok terjadi peristiwa gempa bumi. Sikap kita seharusnya ialah ....
a. mengajak mitra untuk melihat
b. ikut mengumpulkan menolongan
c. membiarkannya
22. Ada mitra yang tidak sengaja menginjak kakimu. Sikap engkau ialah ....
a. membalasnya
b. memarahinya
c. memaafkannya
23. Rasa kerukunan sanggup kita wujudkan dengan selalu menjaga ....
a. persatuan dan kesatuan
b. perilaku egois
c. perilaku hirau tak acuh
24. Kerja bakti sangat bermanfaa untuk ....
a. membuat kerukunan
b. mencari kawan
c. menambah pengetahuan
25. Mewujudkan kerukunan antarumat beragama ialah kewajiban ....
a. setiap masyarakat negara
b. pemuka agama
c. pihak berwajib
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawabanan yang benar !
1. Tolong menolong perlu dibiasakan semenjak ......................................
2. Terhadap tetangga, kita harus hidup ...........................................
3. Jika ada tetangga yang sakit wajib kita .............................
4. Kepada orang renta kita harus berbicara ...............................
5. Hidup rukun sanggup membuat ............................................
6. Ardi dan Agung tidak pernah bertengkar. Mereka berdua selalu ..............................
7. Menyontek dihentikan dilakukan pada ketika .........................................
8. Suka berkelahi termasuk perbuatan .......................................
9. Sikap tolong-menolong sanggup membuat ....................................
10. Kemembersihkanan lingkungan menjadi tanggung balasan ...................................................
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang terang dan sempurna !
1. Sebutkan manfaat perilaku tolong-menolong!
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................
2. Mengapa kita harus hidup rukun?
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................
3. Bagaimana perilaku anak yang menghormati orang tuanya?
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................
4. Mengapa kita harus menaati tata tertib sekolah?
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................
5. Sebutkan tiga ciri keluarga yang hidup rukun!
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................
Jika ingin mendownload soal, diberikut ini linknya ⇩
Soal UTS PKn Kelas 2 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019
2. c. persatuan
3. b. menunda rekreasi dan melayat lebih lampau
4. b. mengajaknya bermain
5. c. menghargai pendapat
6. b. rukun
7. c. menghargai
8. c. menuntaskan dengan musyawarah
9. a. dihindari
10. c. menghormati
11. a. mengajari adiknya naik sepeda
12. c. bahagia
13. b. rukun
14. b. menghargai
15. b. berbagi
16. a. sendiri-sendiri
17. c. memmenolong ibu mencuci piring
18. a. pekerjaan yang susah menjadi gampang
19. c. meminjami penggaris dan pensil
20. b mendamaikannya
21. b. ikut mengumpulkan menolongan
22. c. memaafkannya
23. a. persatuan dan kesatuan
24. a membuat kerukunan
25. b. pemuka agama
2. rukun
3. jenguk
4. santun
5. kebahagiaan dan kedamaian
6. rukun
7. ulangan
9. kerukunan
10. tiruana masyarakat
Kunci Jawaban Room III
1. pekerjaan menjadi lebih enteng, mempererat tali persaudaraan, mempererat kerukunan
2. biar tercipta kehidupan yang damai
3. patuh, kalau dinasihati tidak membantah, berbicara lemah lembut
3. biar proses belajat mengajar menjadi lancar
5. tidak suka bertengkar, kalau ada duduk kasus dimusyawarahkan, saling memmenolong
Soal UTS PKn Kelas 2 Semester 1
I. Berilah tanda silang (X) pada abjad a , b, c atau d di depan jawabanan yang paling benar !1. Di bawah ini ialah perilaku yang sanggup membuat kerukunan yaitu ....
a. gotong royong
b. mengganggu adik
c. bertengkar dengan kawan
2. Kegiatan gotong royong sanggup menumbuhkan ....
a. perpecahan
b. pertikaian
c. persatuan
3. Deni dan keluarganya akan berekreasi. Namun terdengar kabar ada tetangga yang meninggal. Sebaiknya perilaku Deni dan keluarganya ialah ....
a. tetap berangkat
b. menunda rekreasi dan melayat lebih lampau
c. menyuruh pemmenolong yang melayat
4. Di kelasmu ada anakdidik baru. Dia masih malu. Ketika istirahat, ia spesialuntuk sendirian. Sebaiknya engkau...
a. mengejek sebab tidak memiliki kawan
b. mengajaknya bermain
c. membiarkannya tetap sendiri
5. Kelompok Riko sedang melaksanakan diskusi. Agar diskusi sanggup berjalan dengan lancar, mereka harus saling ....
a. memaksakan pendapat
b. merasa paling benar sendiri
c. menghargai pendapat
6. Hidup tenang dan senang sanggup tercipta kalau setiap masyarakat sanggup hidup ....
a. kaya
b. rukun
c. berkecukupan
7. Apabila ada yang mengajukan usul, kita harus ....
a. menentang
b. mengejek
c. menghargai
8. Teman kita ada yang berkelahi. Yang sebaiknya kita lakukan ialah ....
a. membela yang lebih kaya
b. melaporkan kepada guru
c. menuntaskan dengan musyawarah
9. Pertengkaran dalam masyarakat hendaknya harus ....
a. dihindari
b. dibiasakan
c. dikembangkan
10. Agar tercipta kehidupan yang kondusif dan damai, sebaiknya kita saling ....
a. menghibur
b. bersaing
c. menghormati
11. Dino memiliki adik. Adiknya belum sanggup naik sepeda. Adiknya meminta Dino mengajarinya. Dino sebaiknya ....
a. mengajari adiknya naik sepeda
b. mengejek adiknya
c. menyuruh adiknya berguru sendiri
12. melaluiataubersamaini hidup rukun, kita akan merasa ....
a. sedih
b. celaka
c. bahagia
13. melaluiataubersamaini sesama saudara di rumah kita harus ....
a. bertengkar
b. rukun
c. membenci
14. Agar tercipta kerukunan, maka antarkawan harus saling ....
a. bersaing
b. menghargai
c. menyindir
15. Fito memegang dua potong roti. Ia mempersembahkan sepotong rotinya kepada Iwan. Iwan mempersembahkan permen yang dipegangnya kepada Fito. Yang dilakukan Fito dan Iwan mengatakan perilaku saling ....
a. bersaing
b. berbagi
c. memusuhi
16. Ibu guru membagikan soal ulangan. Murid-anakdidik mengerjakan soal ulangan secara ....
a. sendiri-sendiri
b. bergantian
c. bersama-sama
17. Jika melihat ibu mencuci piring, engkau sebaiknya ....
a. akal-akalan tidak tahu
b. asyik menonton televisi
c. memmenolong ibu mencuci piring
18. Manfaat perilaku tolong-menolong ialah ....
a. pekerjaan yang susah menjadi gampang
b. mengurangi harta milik kita
c. membuat kita miskin
19. misal perilaku tolong-menolong di sekolah ialah ....
a. memmenolong mengerjakan ulangan harian
b. memmenolong menghabiskan uang saku kawan
c. meminjami penggaris dan pensil
20. Apabila ada dua mitra yang bermusuhan, kita harus ....
a. mendukung salah satu
b mendamaikannya
c. mengadu domba
21. Daerah Lombok terjadi peristiwa gempa bumi. Sikap kita seharusnya ialah ....
a. mengajak mitra untuk melihat
b. ikut mengumpulkan menolongan
c. membiarkannya
22. Ada mitra yang tidak sengaja menginjak kakimu. Sikap engkau ialah ....
a. membalasnya
b. memarahinya
c. memaafkannya
23. Rasa kerukunan sanggup kita wujudkan dengan selalu menjaga ....
a. persatuan dan kesatuan
b. perilaku egois
c. perilaku hirau tak acuh
24. Kerja bakti sangat bermanfaa untuk ....
a. membuat kerukunan
b. mencari kawan
c. menambah pengetahuan
25. Mewujudkan kerukunan antarumat beragama ialah kewajiban ....
a. setiap masyarakat negara
b. pemuka agama
c. pihak berwajib
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawabanan yang benar !
1. Tolong menolong perlu dibiasakan semenjak ......................................
2. Terhadap tetangga, kita harus hidup ...........................................
3. Jika ada tetangga yang sakit wajib kita .............................
4. Kepada orang renta kita harus berbicara ...............................
5. Hidup rukun sanggup membuat ............................................
6. Ardi dan Agung tidak pernah bertengkar. Mereka berdua selalu ..............................
7. Menyontek dihentikan dilakukan pada ketika .........................................
8. Suka berkelahi termasuk perbuatan .......................................
9. Sikap tolong-menolong sanggup membuat ....................................
10. Kemembersihkanan lingkungan menjadi tanggung balasan ...................................................
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang terang dan sempurna !
1. Sebutkan manfaat perilaku tolong-menolong!
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................
2. Mengapa kita harus hidup rukun?
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................
3. Bagaimana perilaku anak yang menghormati orang tuanya?
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................
4. Mengapa kita harus menaati tata tertib sekolah?
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................
5. Sebutkan tiga ciri keluarga yang hidup rukun!
Jawab : .............................................................................................................................
..........................................................
Jika ingin mendownload soal, diberikut ini linknya ⇩
Soal UTS PKn Kelas 2 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019
Kunci Jawaban Room I
1. a. gotong royong2. c. persatuan
3. b. menunda rekreasi dan melayat lebih lampau
4. b. mengajaknya bermain
5. c. menghargai pendapat
6. b. rukun
7. c. menghargai
8. c. menuntaskan dengan musyawarah
9. a. dihindari
10. c. menghormati
11. a. mengajari adiknya naik sepeda
12. c. bahagia
13. b. rukun
14. b. menghargai
15. b. berbagi
16. a. sendiri-sendiri
17. c. memmenolong ibu mencuci piring
18. a. pekerjaan yang susah menjadi gampang
19. c. meminjami penggaris dan pensil
20. b mendamaikannya
21. b. ikut mengumpulkan menolongan
22. c. memaafkannya
23. a. persatuan dan kesatuan
24. a membuat kerukunan
25. b. pemuka agama
Kunci Jawaban Room II
1. dini2. rukun
3. jenguk
4. santun
5. kebahagiaan dan kedamaian
6. rukun
7. ulangan
9. kerukunan
10. tiruana masyarakat
1. pekerjaan menjadi lebih enteng, mempererat tali persaudaraan, mempererat kerukunan
2. biar tercipta kehidupan yang damai
3. patuh, kalau dinasihati tidak membantah, berbicara lemah lembut
3. biar proses belajat mengajar menjadi lancar
5. tidak suka bertengkar, kalau ada duduk kasus dimusyawarahkan, saling memmenolong
Note : Soal UTS PKn Kelas 2 Semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019 ialah konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasihItulah Soal UTS PKn Kelas 2 Semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019 plus Kunci Jawaban yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaa.