Soal Ujian Sekolah (Us) Bahasa Indonesia Kelas 6 Sd/Mi Tahun Fatwa 2017/2018
Berikut ini ialah pola tes Soal Ujian Sekolah (US) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018. Soal Ujian Sekolah (US) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia ini sudah dilengkapi dengan kunci jawabanan. Semoga Soal Ujian Sekolah (US) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia ini sanggup memmenolong adik-adik yang akan menghadapi Ujian Sekolah.
I. Berilah tanda silang (X) pada abjad a, b, c atau d di depan jawabanan yang paling benar !
1. Sepeda Dita sudah usang. Ia ingin membeli sepeda gres dengan uangnya sendiri. Untuk mewujudkan keinginannya, Dita harus rajin menabung. Sepulang sekolah ia ikut memmenolong menjaga toko milik pamannya. Dari pekerjaannya ini, ia mendapat uang setiap bulannya. Di toko ia tidak ingin memmembuang waktunya dengan sia-sia. Pada ketika tidak ada pembeli, Dita membaca buku pelajaran dengan tekun.
Peribahasa yang sempurna untuk ilustrasi di atas ialah ....
a. Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian
b. Air hening menghanyutkan
c. Air diberiak tanda tak dalam
d. Sambil menyelam minum air
2. Makanlah roti selai madu
Semakin yummy pakai mentega
Hormatilah ayah dan ibu
Hidupmu kelak kan bahagia
Pesan yang terkandung dalam pantun tersebut ialah ....
a. Ketika makan roti tidakboleh lupa ayah dan ibu
b. Orang yang selalu menghormati orang tua, hidupnya berlimpah harta
c. Orang renta selalu mendoakan anaknya supaya hidup bahagia
d. melaluiataubersamaini menghormati ayah dan ibu, hidup kita kelak niscaya bahagia
3. Rasa manis kelapa serut
Kelapa serut panjang bentuknya
..........
..........
Isi pantun yang sempurna ialah ....
a. Ayo nona minum es kelapa
Es kelapa enak rasanya
b. Nona manis tak boleh marah
Kalau murka nanti lekas tua
c. Nona manis tidakboleh cemberut
Kalau cemberut hilang manisnya
d. Jika nona suka cemberut
Nanti nona tak punya kawan
4.
Paragraf deskripsi yang sempurna untuk gambar tersebut ialah ....
a. Nama binatang tersebut ialah kucing. Kakinya ada empat. Dia punya cakar yang tajam. Tubuhnya penuh bulu. Makanannya ikan. Setiap saya panggil dengan sebutan pus, beliau pribadi menjawaban meong.
b. Setiap hari saya memdiberi makan kucing. Dia paling suka makan ikan pindang dicampur nasi. Pernah saya memdiberinya ikan asin namun spesialuntuk diendus saja.
c. Tetanggaku beternak kucing. Jumlahnya ada lima ujung. Yang betina berwarna putih. Yang jantan berwarna hitam. Yang tiga berwarna abu-abu ialah anaknya. Kucing-kucing itu badannya gemuk dan lucu. Setiap hari didiberi kuliner khusus untuk kucing dan minumnya susu.
d. Adikku punya mainan berbentuk kucing. Mainan tersebut dibelikan ayah. Meskipun mainan, namun sangat ibarat dengan kucing asli. Setiap dipijat kakinya, kucing itu bisa menyanyi. Adikku senang sekali.
5. Bacalah kalimat-kalimat acak diberikut ini !
1. Semut harus diberantas
2. Terutama kuliner yang mengandung gula
3. Jika tidak diberantas sanggup mengganggu kuliner kita
4. Tekniknya ialah dengan membuat bundar di sekitar kuliner dengan kapur tiruant.
Urutan semoga menjadi paragraf yang baik ialah ....
a. 1 – 2 – 3 – 4
b. 1 – 3 – 4 – 2
c. 1 – 3 – 2 – 4
d. 3 – 1 – 2 – 4
6. Adikku mengikuti lomba mewarnai se-kecamatan. Saat perlombaan akan di mulai, adikku segera menyiapkan pensil-pensil yang sudah diraut sebelumnya. Tak berapa lama kemudian, diumumkan bahwa adikku mendapat juara 1.
Kesalahan penulisan kata terdapat pada kata ....
a. se-kecamatan
b. di mulai
c. pensil-pensil
d. diumumkan
7. Di kampungku ada sebuah pabrik kain yang beroperasi semenjak tahun 1980/an. Pak Herman, pendiri yang juga menjadi administrator pabrik, berencana menjual pabriknya kepada orang asing.
Perbaikan tanda baca yang sempurna untuk kata bergaris bawah ialah ....
a. koma (,)
b. pisah (-)
c. petik (“)
d. titik (.)
8. Bu Yayuk setiap hari berangkat ke Pasar Atum. Ia selalu berangkat pagi-pagi dengan mengendarai sepeda motor. Ia mempunyai satu kios di pasar. Di kios tersebut, Bu Yayuk bekerja menjadi tukang permak baju. Pernah ada seorang pelanggan yang sangat loyal, mempersembahkan barang-barang berharga ibarat kulkas dan mesin cuci. Pelanggan tersebut merasa cocok dan menganggap Bu Yayuk ibarat kakaknya sendiri.
Jenis paragraf tersebut menurut tujuannya ialah paragraf ....
a. narasi
b. deskripsi
c. eksposisi
d. persuasi
9. Hampir setiap hari ada saja barang yang hilang di kelas mulai dari pensil, buku, penghapus, hingga uang. Karena penamasukan, saya masuk kelas dan bersembunyi di bawah kolong meja. Akhirnya saya tahu siapa pelakunya. Tidak kusangka, Evi yang bagus dan pendiam itu ternyata ....
a. angkat tangan
b. enteng tangan
c. panjang tangan
d. tangan kanan
10. Teman-kawan yang saya cintai, kita sanggup mengambil manfaat dari kegiatan menjaga kemembersihkanan di lingkunagn sekolah kita. melaluiataubersamaini menjaga kemembersihkanan, akan tercipta keindahan dan kenyamanan. Selain itu, kita akan terhindar dari banyak sekali penyakit.
( .... )
Kalimat undangan sempurna untuk melengkapi pidato rumpang tersebut ialah ....
a. Marilah kita memmembuang sampah pada tempatnya.
b. Oleh sebab itu, marilah kita membuat keindahan lingkungan.
c. Marilah kita membuat kenyamanan kawasan timggal kita.
d. Oleh sebab itu, marilah kita bahu-membahu menjaga kemembersihkanan lingkungan sekolah kita.
11. Bunglon ialah salah satu binatang yang unik. Binatang ini biasanya tinggal di pepohonan. Ia unik sebab sanggup mengubah warna kulitnya. Kemampuan ini disebut dengan mimikri. Bunglon bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi di sekitarnya. Kemampuan ini dipakai untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.
Bunglon mempunyai kulit yang berlapis-lapis. Dalam lapisan teratas, terdapat pigmen warna yang bisa melebar dan mengecil. Ketika pigmen melebar, cahaya matahari akan dipantulkan sehingga bunglon pun berubah warna. Jika pigmen mengerut, bunglon akan menjadi kehitaman.
Terkadang, bunglon mengubah warnanya tidak sesuai dengan lingkungan sekitar. Hal ini sebab bunglon juga terkadang mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya. Saat marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih petang. Sedangkan ketika gembira atau positif, bunglon akan mengubah warnanya menjadi jelas ibarat kuning dan oranye.
Kalimat utama pada paragraf pertama ialah ....
a. Bunglon ialah salah satu binatang yang unik.
b. Bunglon biasanya tinggal di pepohonan.
c. Bunglon mempunyai kemampuan yang disebut dengan mimikri.
d. Bunglon bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi di sekitarnya.
12. Simpulan yang sempurna dari bacaan di atas ialah ....
a. Bunglon ialah salah satu binatang yang unik dan biasanya tinggal di pepohonan.
b. Bunglon ialah binatang yang unik sebab mempunyai kemampuan sanggup mengubah warna kulitnya untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.
c. Saat marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih petang.
d. Bunglon sanggup mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya.
13. Perhatikan dua teks diberikut!
Teks 1
Diana selalu saja memaki Indah. Padahal Indah tidak pernah berbuat jelek pada Diana. Entah mengapa Diana begitu membenci Indah. Indah selalu tabah kalau Diana tiba-tiba menjahili atau mengejeknya. Suatu hari, Diana terjatuh ketika pulang sekolah. Indah yang melihat insiden itu pribadi menolongnya.
Teks 2
Amanda ialah anak yang sangat baik di kelas. Ia selalu menolong orang lain, terutama yang sedang membutuhkan. Ia tidak pernah membeda-bedakan. Ia berkawan dengan siapa saja. Walaupun bukan anak yang paling pintar di kelas, Amanda sangat disukai oleh kawan-kawannya. Bahkan, guru-guru juga menyukainya.
Persamaan isi kedua teks tersebut ialah ....
a. menolong orang walaupun ia suka mengejek
b. disukai banyak orang sebab suka menolong
c. berkawan dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan
d. menolong siapa saja yang sedang membutuhkan
14. Bacalah paragraf diberikut!
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur mengadakan sosialisasi ke sekolah. Beliau mengatakan, sekolah harus mengedukasi siswanya semoga tidak jajan sembarangan dan membuat kantin sehat di sekolah.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yang sempurna ialah ....
a. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur seharusnya melaksanakan tindakan yang tegas pada yang melanggar.
b. Siswa yang jajan sembarangan seharusnya mendapat eksekusi dari sekolah.
c. Program kebijakan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sanggup mengakibatkan siswa lebih sehat.
d. Pembuatan kantin sehat di sekolah bekerjsama sangat merepotkan.
15. Cermati paragraf diberikut!
Besok pagi ada pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan. Bu Ratna mempersembahkan instruksi untuk membawa kantong kresek, kawat kecil, benang, dan gunting.
Makna kata bergaris bawah dalam paragraf tersebut ialah ....
a. perintah
b. pelajaran
c. petunjuk
d. peraturan
16. Perhatikan teks diberikut!
Mengolah kerang memerlukan beberapa langkah. Sesudah butir mutiara diambil dari dalam kerang, daging yang menempel pada potongan dalam cangkang dimembuang, kemudian kerang dicuci, dan dikeringkan. Perajin juga ikut membuat pola model hiasan yang diinginkan. Pola ini berfungsi sebagai cetakan untuk menggambar denah pada cangkang kerang.
Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas ialah ....
a. Mengolah kerang spesialuntuk membutuhkan dua langkah saja.
b. Daging dalam cangkang tidak perlu dimembuang untuk menghasilkan kerajinan.
c. Pembeli bisa ikut memilih pola model hiasan yang diinginkan.
d. Untuk menggambar denah pada cangkang dibutuhkan pola sebagai cetakan.
17. Cermati pidato diberikut!
Ingatlah ketika kita masih kelas 1 lampau. Waktu itu kita belum bisa membaca, tetapi kini sudah bisa membaca. Dahulu kita belum bisa menulis, tetapi kini sudah bisa menulis. Dahulu kita belum mengerti berhitung, tetapi kini sudah bisa menghitung. Tentu saja hal ini berkat kegigihan guru-guru kita dalam mengajar. Oleh sebab itu, kita sebagai siswa sudah seharusnya berbakti dan hormat kepada guru.
Isi teks pidato di atas ialah ....
a. mengingatkan kenangan masa lalu
b. mengingatkan kegigihan guru dalam mengajar
c. imbauan untuk berbakti kepada guru
d. imbauan untuk menaati segala perintah guru
18. Perhatikan teks diberikut!
Esok paginya, kami berangkat dengan memakai sepeda. Sesudah perjalanan selama 2 jam, kami sangat senang sebab bisa datang di Pantai Depok dengan selamat. Kami bersenang-senang sambil menikmati indahnya Pantai Depok hingga tanpa terasa matahari sudah berwarna jingga. Kami bergegas mengambil sepeda kemudian pulang dengan hati gembira.
Paragraf tersebut termasuk jenis ....
a. deskripsi
b. narasi
c. persuasi
d. eksposisi
19. Perhatikan iklan diberikut !
Susu sapi murni
Enak, lezat, dan bergizi !
Segera dapatkan di ....
Kata yang sempurna untuk melengkapi iklan tersebut ialah ....
a. Kedai Susu Mbok Darmi
b. Toko Sembako Pak Dani
c. Toko material terdekat
d. Warung kopi lesehan
20. Perhatikan bacaan diberikut!
Antena panjang yang kadang melebihi tubuhnya menjadi ciri khas jenis kumbang ini. Antena tersebut berfungsi sebagai radar pendeteksi objek sekitar. Antena terhubung ke mata majemuk. Hal tersebut membuat kumbang ini sanggup melihat dan mendeteksi lingkungan sekitarnya.
Kalimat utama paragraf di atas ialah ....
a. Antena panjang yang kadang melebihi tubuhnya menjadi ciri khas jenis kumbang ini.
b. Antena tersebut berfungsi sebagai radar pendeteksi objek sekitar.
c. Antena terhubung ke mata majemuk.
d. Hal tersebut membuat kumbang ini sanggup melihat dan mendeteksi lingkungan sekitarnya.
21. Perhatikan paragraf diberikut!
Hari ini, 22 September ialah hari Badak Sedunia. Peringatan “hari Badak” diadakan untuk melihat hasil dari upaya menyelamatkan binatang langka ini. Dalam rangka hari Badak Sedunia tahun 2016, World Wildlife Fund (WWF) Indonesia menyatakan, bahwa kondisi warak sumatra tak sebaik warak jawa.
Gagasan utama paragraf tersebut ialah ....
a. Tanggal 22 September ialah hari Badak Sedunia.
b. Peringatan hari Badak Sedunia.
c. WWF menyatakan kondisi warak sumatra buruk.
d. Hari Badak untuk melihat hasil evakuasi badak.
22. Perhatikan pantun diberikut!
Buah blewah tidakboleh dilempar
Nanti bermetamorfosis mangga
Anak sekolah rajin belajar
Makara juara orang renta bangga
Pesan pantun di atas ialah ....
a. Anak yang rajin berguru bisa sukses dan membanggakan orang tua.
b. Anak yang rajin berguru bisa menjadi juara dan menjadi orang yang berhasil.
c. Anak yang rajin berguru bisa menjadi juara dan membuat orang renta bangga.
d. Anak yang rajin berguru diakung guru dan membanggakan orang tua.
23. Perhatikan dongeng diberikut !
Hujan kali ini sungguh lebat. Warga melamun dan berdoa di dalam rumah. Tiba-tiba, air sungai yang tiruanla hening bermetamorfosis gemuruh. Air dari hulu sungai hadir begitu cepatnya. Menerjang apa saja di depannya. Peristiwa yang mungkin terjadi berkaitan dengan isi dongeng tersebut ialah ....
a. banjir
b. banjir bandang
c. tsunami
d. banjir rob
Bacalah kutipan teks diberikut untuk mengerjakan soal nomor 24−29 !
Saat bangkit dari rumahnya di lubang kecil di tepi telaga, katak hijau segera menceburkan diri ke telaga. Tiba-tiba ia dikagetkan oleh kawanan Semut. “Tolonglah kami Katak Hijau, kami ingin ke tanah seberang” kata Semut. “Memangnya mengapa kalian ingin ke sana?” tanya Katak. “Kami selalu diganggu oleh Rayap dan Belalang. Mereka suka sekali mengambil kuliner yang sudah kami kumpulkan” balasan Semut. Katak pun kemudian berkata “Baiklah kalau begitu. Naiklah ke punggungku.” Semut mengucapkan terima kasih. Ratusan Semut pribadi naik di punggung Katak Hijau, tetapi mereka terus bergerak-gerak sehingga membuat Katak kegelian. “Tunggu sebentar, saya kegelian. Tolong turun tiruana.” (Katak kemudian mengambil selembar daun teratai). “Nah, kini naiklah ke daun ini. Nanti, saya akan mendorong kalian tiruana hingga ke seberang.” kata Katak Hijau.
24. Bagaimana cara Katak mengantarkan Semut ke tanah seberang?
a. Menggunakan punggungnya.
b. Menggunakan daun teratai.
c. Menggunakan jembatan.
d. Menggendong hingga seberang
25. Mengapa Semut ingin pindah ke tanah seberang?
a. Semut kesusahan mencari makanan.
b. Semut diganggu oleh Rayap dan Belalang.
c. Penduduk Semut terlalu padat.
d. Di tanah seberang lebih menjanjikan.
26. Sifat tokoh Katak dalam teks drama tersebut ialah ....
a. cerdik
b. licik
c. bijaksana
d. pemaaf
27. Amanat yang terkandung dalam teks drama tersebut ialah ....
a. memmenolong orang yang kesusahan
b. memmenolong mitra yang meminta pertolongan
c. menghadapi segala cobaan
d. pindah ke kawasan yang lebih baik
28. Latar kawasan pada teks tersebut ialah ....
a. lubang kecil
b. tepi telaga
c. tanah seberang
d. rumah
29. Tokoh utama dalam drama tersebut ialah ....
a. Semut
b. Katak
c. Rayap
d. Belalang
30. Perhatikan dongeng diberikut!
“INI wajah pencuri itu. Perhatikan baik-baik dan segera tangkap kemudian bawa beliau ke sini !” Pencarian segera dilakukan. Tidak hingga satu hari, pencuri itu sudah tertangkap. Di hadapan Raja ia mengakui kesalahannya sudah mencuri kalung milik Putri Mayang.
Nilai moral positif pada dongeng di atas ialah ....
a. menjunjung tinggi kejujuran
b. patuh pada perintah
c. berani mengakui kesalahan
d. bertanggung jawaban
31. Pulang dari Semarang, tante membawakanku [....]. Ungkapan yang sempurna untuk melengkapi
kalimat tersebut ialah ....
a. buah tangan
b. tangan kanan
c. panjang tangan
d. tangan dingin
32. Perhatikan dongeng diberikut!
“Cepat keluar tiruana dari kendaraan beroda empat atau Bapak Tua ini akan celaka!” hardik salah seorang dari mereka seraya menarikdanunik baju Pak Tohir. “Aduh... jantungku sakit!” Pak Tohir tiba-tiba menjerit sambil menekan dada sebelah kirinya. Kemudian Pak Guru renta itu berjalan sempoyongan keluar dari kendaraan beroda empat dan karenanya jatuh tersungkur di depan kendaraan beroda empat kami. Kejadian itu menarikdanunik perhatian beberapa orang yang kebetulan sedang lewat. Melihat orang-orang berhadiran, ketiga penjahat itu gelagapan dan karenanya melarikan diri. Sesudah ketiga penjahat itu pergi, Ayah dimenolong beberapa orang berusaha untuk mengangkat Pak Tohir. Mereka terkejut sebab Pak Tohir justru dengan sigap bangkit sendiri sambil memmembersihkankan bajunya yang kotor. “Maaf tadi saya spesialuntuk berpura-pura,” katanya.
Simpulan dongeng tersebut ialah ....
a. Pak Tohir spesialuntuk berpura-pura terkena serangan jantung supaya penjahat itu pergi.
b. Pak Tohir terkena serangan jantung ketika sedang dirampok.
c. Pak Tohir sembuh dari penyakit jantungnya setelah penjahat pergi.
d. Pak Tohir ialah orang renta yang mempunyai riwayat penyakit jantung.
33. Perhatikan syair diberikut !
Jadilah orang yang mulia
Dikagumi sebab prestasinya
Dibanggakan sebab akhlaknya
Dicintai sebab kebaikannya
Maksud syair di atas ialah ....
a. Jika menjadi orang mulia, banyak orang yang mengidolakan.
b. Orang yang mulia dikagumi, dibanggakan, dan dicintai oleh tiruana orang.
c. Menjadi orang yang mulia tidak praktis untuk dilakukan.
d. Orang yang mulia mempunyai prestasi, akhlak, dan kebaikan serta disukai banyak orang.
34. Bacalah paragraf diberikut !
Kata ayahku, setiap hari Pak Somad berperahu menghampiri rumah-rumah penduduk di sepanjang bantaran sungai, termasuk rumah nenekku. Hanya untuk mengantarkan materi kuliner ibarat beras, sayuran, dan lauk-pauk yang dibelinya dari pasar untuk dijual kembali kepada penduduk.
Tema bacaan di atas ialah ....
a. kekeluargaan
b. lingkungan
c. pendidikan
d. pekerjaan
35. Perhatikan paragraf diberikut!
Pak Suryadi menyisihkan sebagian penghasilannya untuk keperluan buku dan alat tulis anakdidik-anakdidiknya. Bahkan ketika ayah dan beberapa orang anakdidik lain ingin melanjutkan ke SMP, Pak Suryadi yang mengantarkan mereka dengan mengayuh bahtera sendiri ke kampung seberang sebab di Kampung Melayu belum ada Sekolah Menengah Pertama waktu itu.
Maksud kalimat bercetak miring ialah ....
a. Pak Suryadi selalu membelikan anakdidikanakdidiknya buku-buku dan alat tulis.
b. Pak Suryadi meminta menolongan buku dan alat tulis pada pemerintah.
c. Pak Suryadi membelikan buku dan alat tulis untuk anakdidiknya dengan sebagian uang penghasilannya.
d. Pak Suryadi mengharuskan anakdidiknya membeli buku dan alat tulis.
36. Perhatikan kalimat-kalimat diberikut!
Teknik Mengepel Lantai
(1) Peras kain pel hingga air sudah tidak menetes.
(2) Celupkan kain pel ke dalam cairan pemmembersihkan yang sudah tergabung air.
(3) Mulailah mengepel lantai secara merata.
(4) Campurkan cairan pemmembersihkan dengan air sesuai petunjuk pemakaian.
(5) Bersihan debu dari lantai dengan sapu atau pemmembersihkan debu.
Urutan petunjuk cara mengepel lantai yang benar ialah ....
a. (1)−(2)−(3)−(4)−(5)
b. (4)−(2)−(1)−(3)−(5)
c. (2)−(1)−(4)−(5)−(3)
d. (5)−(4)−(2)−(1)−(3)
37. Perhatikan kalimat-kalimat diberikut !
(1) Rino segera memapahnya ke rumah.
(2) Nando sedang bermain di rumah Rino
(3) Lututnya memar dan pergelangan kakinya terkilir.
(4) Ibu Rino segera memdiberi kan kontribusi pertama sebelum Nando dibawa ke puskesmas.
(5) Ketika sedang bermain bola, tiba-tiba Nando jatuh.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf dengan urutan ....
a. (2)−(5)−(3)−(1)−(4)
b. (2)−(3)−(5)−(1)−(4)
c. (2)−(5)−(3)−(4)−(1)
d. (2)−(3)−(4)−(5)−(1)
38. Perhatikan kalimat-kalimat diberikut !
Teknik Memasak Nasi dengan Rice Cooker
(1) Masukkan ke dalam rice cooker.
(2) Tekan tombolnya dan tunggu hingga matang.
(3) Cuci beras hingga membersihkan kemudian diberi air secukupnya.
(4) Takar beras secukupnya.
(5) Colokkan kabel rice cooker ke sumber listrik.
Urutan petunjuk cara membuat nasi dengan rice cooker yang benar ialah ....
a. (4)−(3)−(5)−(1)−(2)
b. (4)−(1)−(3)−(5)−(2)
c. (4)−(3)−(1)−(5)−(2)
d. (4)−(1)−(5)−(3)−(2)
39. Perhatikan kalimat-kalimat diberikut!
(1) Ia merayakan ulang tahun di panti asuhan itu dengan membagikan bingkisan pada belum dewasa di panti asuhan.
(2) Tanggal 10 Juni ialah ulang tahun Jundi.
(3) Jundi sangat senang bisa memmenolong orang lain di hari bahagianya.
(4) Ia ingin merayakannya dengan cara yang tidak biasa.
(5) Saat hari ulang tahunnya tiba, ia mengunjungi panti asuhan di kotanya.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf yang baik dengan urutan ....
a. (2)−(4)−(1)−(5)−(3)
b. (2)−(5)−(1)−(3)−(4)
c. (2)−(4)−(5)−(1)−(3)
d. (2)−(5)−(1)−(4)−(3)
40. Perhatikan kalimat-kalimat diberikut!
(1) Aduk hingga tergabung rata.
(2) Masukan kelapa muda dan airnya ke dalam gelas saji.
(3) Es kelapa muda siap dinikmati.
(4) Tambahkan gula jawa dan es batu.
(5) Siapkan kelapa muda, air kelapa muda, gula jawa, dan es batu.
Urutan petunjuk yang sempurna cara membuat es kelapa muda ialah ....
a. (5)−(4)−(2)−(1)−(3)
b. (5)−(2)−(4)−(1)−(3)
c. (5)−(4)−(1)−(2)−(3)
d. (5)−(2)−(1)−(4)−(3)
41. Penggunaan ejaan yang sempurna terdapat pada kalimat ....
a. Savina berpikir untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.
b. Savina berfikir untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.
c. Savina berpikir untuk melanjutkan kuliah di luar negri.
d. Savina berfikir untuk melanjutkan kuliah di luar negri.
42. Perhatikan teks diberikut!
Pukul 05.00 kami hingga di Asrama Pondok Gede. Kami segera mandi, sarapan, dan mempersiapkan diri sebab bus akan berangkat pukul 07.00 tepat. [....] Walaupun masih mengantuk sebab perjalanan jauh, kami tetap semangat dan penamasukan.
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks tersebut ialah ....
a. Pukul 07.00 bus berangkat menuju objek wisata pertama, yaitu Taman Mini Indonesia Indah.
b. Kemudian kami sarapan di hotel dan segera naik bus.
c. Tak lama kemudian, karenanya hingga di kawasan tujuan.
d. Karena perjalanan sangat jauh, kami pulas lampau di bus.
43. Perhatikan pidato diberikut!
Seringkali kita melihat anakdidik-anakdidik memmembuang sampah sembarangan. Sebagai masyarakat sekolah tentu kita tidak ingin melihat sampah awut-awutan di mana-mana. [....]
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi pidato tersebut ialah ....
a. Sampah tadi juga sanggup mencemari lingkungan sekolah kita, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
b. Sampah tersebut sanggup mengakibatkan wabah penyakit di lingkungan masyarakat.
c. Marilah kita menyuruh anakdidik-anakdidik memmembuang sampah pada tempatnya.
d. Sampah tersebut harus segera dimembersihkankan oleh tukang kebun.
44. Perhatikan acara menelepon dengan handphone diberikut !
(1) Tekan nomor yang ingin anda telepon!
(2) Tekan tombol hijau untuk menelepon!
(3) Bicaralah seperlunya!
(4) ....
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi potongan rumpang tersebut ialah ....
a. Cek apakah yang anda telepon sudah selesai!
b. Segera lakukan isi ulang kalau pulsa habis!
c. Tutup telepon dengan menekan tombol merah!
d. Matikan telepon setelah berbicara!
45. Pada rabu malam, terjadi banjir bandang di kabupaten sumedang Jawa Barat.
Perbaikan ejaan yang sempurna pada kalimat di atas ialah ....
a. Pada rabu malam, terjadi Banjir Bandang di kabupaten Sumedang Jawa Barat.
b. Pada Rabu malam, terjadi banjir bandang di Kabupaten Semedang Jawa Barat.
c. Pada Rabu malam, terjadi Banjir Bandang di Kabupaten SumedangJawa Barat.
d. Pada rabu malam, terjadi banjir bandang di kabupaten Sumedang Jawa Barat.
46. Amel berbelanja: buncis, sawi, wortel dan kol di pasar.
Perbaikan tanda baca yang sempurna pada kalimat di atas ialah ....
a. Amel berbelanja: buncis, sawi, wortel, dan kol di pasar.
b. Amel berbelanja, buncis, sawi, wortel dan kol di pasar.
c. Amel berbelanja buncis, sawi, wortel dan kol, di pasar.
d. Amel berbelanja buncis, sawi, wortel, dan kol di pasar.
47. Perhatikan teks diberikut!
Tanpa sengaja, Novi memecahkan gelas yang akan dipakai untuk percobaan (1) pada pelajaran IPA. Akan tetapi, Bu Maya spesialuntuk menasehati (2) dengan bunyi yang lembut. Novi yang pertamanya ketakutan kini menjadi sudah tidak takut (3) lagi. Ia berjanji untuk berhati-hati (4).
Penggunaan ejaan yang salah terdapat pada nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
48. Perhatikan kalimat diberikut!
Ibu Rena menerangkan: “misal sampah organik contohnya kertas bekas, karton bekas, kain bekas, dan daun pembungkus makanan.”
Tanda baca yang tidak sempurna penerapannya ialah ....
a. tanda titik dua (:) setelah kata menerangkan
b. tanda petik ganda (“...”)
c. tanda koma (,) setelah kata bekas
d. tanda titik (.) setelah kata makanan
49. Perhatikan kalimat diberikut!
Pelajari bentuk dan gaya yang dipakai oleh penyair-penyair populer supaya mengenal struktur, format, sajak dan unsur lain yang dipakai dalam menulis puisi.
Penggunaan tanda baca yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut ialah ....
a. tanda koma (,) setelah kata gaya
b. tanda koma (,) setelah kata terkenal
c. tanda koma (,) setelah kata mengenal
d. tanda koma (,) setelah kata sajak
50. Sejak dari kemarin Ranti spesialuntuk membisu saja. Ia seharusnya berangkat sekolah hari ini. Akan tetapi, ia tidak mau berangkat. Kata Yogi, Ranti punya duduk kasus dengan gurunya. Ia takut berangkat sekolah.
Perbaikan yang sempurna untuk kalimat pertama dalam paragraf tersebut ialah ....
a. Sejak kemarin Ranti spesialuntuk membisu saja.
b. Sejak hari kemarin Ranti spesialuntuk membisu saja.
c. Sejak kemarin Ranti spesialuntuk rahasia saja.
d. Sejak waktu kemarin Ranti spesialuntuk membisu saja.
Jika ingin mendownload soal, diberikut ini linknya ↓
Download Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018
2. d. melaluiataubersamaini menghormati ayah dan ibu, hidup kita kelak niscaya bahagia
3. c. Nona manis tidakboleh cemberut
4. a. Nama binatang tersebut ialah kucing. Kakinya ada empat. Dia punya cakar yang tajam. Tubuhnya penuh bulu. Makanannya ikan. Setiap saya panggil dengan sebutan pus, beliau pribadi menjawaban meong.
5. c. 1 – 3 – 2 – 4
6. b. di mulai
7. b. pisah (-)
8. a. narasi
9. c. panjang tangan
10. d. Oleh sebab itu, marilah kita bahu-membahu menjaga kemembersihkanan lingkungan sekolah kita.
11. a. Bunglon ialah salah satu binatang yang unik.
12. b. Bunglon ialah binatang yang unik sebab mempunyai kemampuan sanggup mengubah warna kulitnya untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.
13. d. menolong siapa saja yang sedang membutuhkan
14. c. Program kebijakan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sanggup mengakibatkan siswa lebih sehat.
15. a. perintah
16. d. Untuk menggambar denah pada cangkang dibutuhkan pola sebagai cetakan.
17.c. imbauan untuk berbakti kepada guru
18. b. narasi
19. a. Kedai Susu Mbok Darmi
20. a. Antena panjang yang kadang melebihi tubuhnya menjadi ciri khas jenis kumbang ini.
21. b. Peringatan hari Badak Sedunia.
22. c. Anak yang rajin berguru bisa menjadi juara dan membuat orang renta bangga.
23. b. banjir bandang
24. b. Menggunakan daun teratai.
25. b. Semut diganggu oleh Rayap dan Belalang.
26. c. bijaksana
27. a. memmenolong orang yang kesusahan
28. b. tepi telaga
29. b. Katak
30. c. berani mengakui kesalahan
31. a. buah tangan
32. a. Pak Tohir spesialuntuk berpura-pura terkena serangan jantung supaya penjahat itu pergi.
33. d. Orang yang mulia mempunyai prestasi, akhlak, dan kebaikan serta disukai banyak orang.
34. d. pekerjaan
35. c. Pak Suryadi membelikan buku dan alat tulis untuk anakdidiknya dengan sebagian uang penghasilannya.
36. d. (5)−(4)−(2)−(1)−(3)
37. c. (2)−(5)−(3)−(4)−(1)
38. c. (4)−(3)−(1)−(5)−(2)
39. c. (2)−(4)−(5)−(1)−(3)
40. b. (5)−(2)−(4)−(1)−(3)
41. a. Savina berpikir untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.
42. a. Pukul 07.00 bus berangkat menuju objek wisata pertama, yaitu Taman Mini Indonesia Indah.
43. a. Sampah tadi juga sanggup mencemari lingkungan sekolah kita, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
44. c. Tutup telepon dengan menekan tombol merah!
45. b. Pada Rabu malam, terjadi banjir bandang di Kabupaten Semedang Jawa Barat.
46. d. Amel berbelanja buncis, sawi, wortel, dan kol di pasar.
47. b. (2)
48. a. tanda titik dua (:) setelah kata menerangkan
49. d. tanda koma (,) setelah kata sajak
50. a. Sejak kemarin Ranti spesialuntuk membisu saja.
I. Berilah tanda silang (X) pada abjad a, b, c atau d di depan jawabanan yang paling benar !
1. Sepeda Dita sudah usang. Ia ingin membeli sepeda gres dengan uangnya sendiri. Untuk mewujudkan keinginannya, Dita harus rajin menabung. Sepulang sekolah ia ikut memmenolong menjaga toko milik pamannya. Dari pekerjaannya ini, ia mendapat uang setiap bulannya. Di toko ia tidak ingin memmembuang waktunya dengan sia-sia. Pada ketika tidak ada pembeli, Dita membaca buku pelajaran dengan tekun.
Peribahasa yang sempurna untuk ilustrasi di atas ialah ....
a. Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian
b. Air hening menghanyutkan
c. Air diberiak tanda tak dalam
d. Sambil menyelam minum air
2. Makanlah roti selai madu
Semakin yummy pakai mentega
Hormatilah ayah dan ibu
Hidupmu kelak kan bahagia
Pesan yang terkandung dalam pantun tersebut ialah ....
a. Ketika makan roti tidakboleh lupa ayah dan ibu
b. Orang yang selalu menghormati orang tua, hidupnya berlimpah harta
c. Orang renta selalu mendoakan anaknya supaya hidup bahagia
d. melaluiataubersamaini menghormati ayah dan ibu, hidup kita kelak niscaya bahagia
3. Rasa manis kelapa serut
Kelapa serut panjang bentuknya
..........
..........
Isi pantun yang sempurna ialah ....
a. Ayo nona minum es kelapa
Es kelapa enak rasanya
b. Nona manis tak boleh marah
Kalau murka nanti lekas tua
c. Nona manis tidakboleh cemberut
Kalau cemberut hilang manisnya
d. Jika nona suka cemberut
Nanti nona tak punya kawan
4.
Paragraf deskripsi yang sempurna untuk gambar tersebut ialah ....
a. Nama binatang tersebut ialah kucing. Kakinya ada empat. Dia punya cakar yang tajam. Tubuhnya penuh bulu. Makanannya ikan. Setiap saya panggil dengan sebutan pus, beliau pribadi menjawaban meong.
b. Setiap hari saya memdiberi makan kucing. Dia paling suka makan ikan pindang dicampur nasi. Pernah saya memdiberinya ikan asin namun spesialuntuk diendus saja.
c. Tetanggaku beternak kucing. Jumlahnya ada lima ujung. Yang betina berwarna putih. Yang jantan berwarna hitam. Yang tiga berwarna abu-abu ialah anaknya. Kucing-kucing itu badannya gemuk dan lucu. Setiap hari didiberi kuliner khusus untuk kucing dan minumnya susu.
d. Adikku punya mainan berbentuk kucing. Mainan tersebut dibelikan ayah. Meskipun mainan, namun sangat ibarat dengan kucing asli. Setiap dipijat kakinya, kucing itu bisa menyanyi. Adikku senang sekali.
5. Bacalah kalimat-kalimat acak diberikut ini !
1. Semut harus diberantas
2. Terutama kuliner yang mengandung gula
3. Jika tidak diberantas sanggup mengganggu kuliner kita
4. Tekniknya ialah dengan membuat bundar di sekitar kuliner dengan kapur tiruant.
Urutan semoga menjadi paragraf yang baik ialah ....
a. 1 – 2 – 3 – 4
b. 1 – 3 – 4 – 2
c. 1 – 3 – 2 – 4
d. 3 – 1 – 2 – 4
6. Adikku mengikuti lomba mewarnai se-kecamatan. Saat perlombaan akan di mulai, adikku segera menyiapkan pensil-pensil yang sudah diraut sebelumnya. Tak berapa lama kemudian, diumumkan bahwa adikku mendapat juara 1.
Kesalahan penulisan kata terdapat pada kata ....
a. se-kecamatan
b. di mulai
c. pensil-pensil
d. diumumkan
7. Di kampungku ada sebuah pabrik kain yang beroperasi semenjak tahun 1980/an. Pak Herman, pendiri yang juga menjadi administrator pabrik, berencana menjual pabriknya kepada orang asing.
Perbaikan tanda baca yang sempurna untuk kata bergaris bawah ialah ....
a. koma (,)
b. pisah (-)
c. petik (“)
d. titik (.)
8. Bu Yayuk setiap hari berangkat ke Pasar Atum. Ia selalu berangkat pagi-pagi dengan mengendarai sepeda motor. Ia mempunyai satu kios di pasar. Di kios tersebut, Bu Yayuk bekerja menjadi tukang permak baju. Pernah ada seorang pelanggan yang sangat loyal, mempersembahkan barang-barang berharga ibarat kulkas dan mesin cuci. Pelanggan tersebut merasa cocok dan menganggap Bu Yayuk ibarat kakaknya sendiri.
Jenis paragraf tersebut menurut tujuannya ialah paragraf ....
a. narasi
b. deskripsi
c. eksposisi
d. persuasi
9. Hampir setiap hari ada saja barang yang hilang di kelas mulai dari pensil, buku, penghapus, hingga uang. Karena penamasukan, saya masuk kelas dan bersembunyi di bawah kolong meja. Akhirnya saya tahu siapa pelakunya. Tidak kusangka, Evi yang bagus dan pendiam itu ternyata ....
a. angkat tangan
b. enteng tangan
c. panjang tangan
d. tangan kanan
10. Teman-kawan yang saya cintai, kita sanggup mengambil manfaat dari kegiatan menjaga kemembersihkanan di lingkunagn sekolah kita. melaluiataubersamaini menjaga kemembersihkanan, akan tercipta keindahan dan kenyamanan. Selain itu, kita akan terhindar dari banyak sekali penyakit.
( .... )
Kalimat undangan sempurna untuk melengkapi pidato rumpang tersebut ialah ....
a. Marilah kita memmembuang sampah pada tempatnya.
b. Oleh sebab itu, marilah kita membuat keindahan lingkungan.
c. Marilah kita membuat kenyamanan kawasan timggal kita.
d. Oleh sebab itu, marilah kita bahu-membahu menjaga kemembersihkanan lingkungan sekolah kita.
11. Bunglon ialah salah satu binatang yang unik. Binatang ini biasanya tinggal di pepohonan. Ia unik sebab sanggup mengubah warna kulitnya. Kemampuan ini disebut dengan mimikri. Bunglon bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi di sekitarnya. Kemampuan ini dipakai untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.
Bunglon mempunyai kulit yang berlapis-lapis. Dalam lapisan teratas, terdapat pigmen warna yang bisa melebar dan mengecil. Ketika pigmen melebar, cahaya matahari akan dipantulkan sehingga bunglon pun berubah warna. Jika pigmen mengerut, bunglon akan menjadi kehitaman.
Terkadang, bunglon mengubah warnanya tidak sesuai dengan lingkungan sekitar. Hal ini sebab bunglon juga terkadang mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya. Saat marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih petang. Sedangkan ketika gembira atau positif, bunglon akan mengubah warnanya menjadi jelas ibarat kuning dan oranye.
Kalimat utama pada paragraf pertama ialah ....
a. Bunglon ialah salah satu binatang yang unik.
b. Bunglon biasanya tinggal di pepohonan.
c. Bunglon mempunyai kemampuan yang disebut dengan mimikri.
d. Bunglon bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi di sekitarnya.
12. Simpulan yang sempurna dari bacaan di atas ialah ....
a. Bunglon ialah salah satu binatang yang unik dan biasanya tinggal di pepohonan.
b. Bunglon ialah binatang yang unik sebab mempunyai kemampuan sanggup mengubah warna kulitnya untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.
c. Saat marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih petang.
d. Bunglon sanggup mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya.
13. Perhatikan dua teks diberikut!
Teks 1
Diana selalu saja memaki Indah. Padahal Indah tidak pernah berbuat jelek pada Diana. Entah mengapa Diana begitu membenci Indah. Indah selalu tabah kalau Diana tiba-tiba menjahili atau mengejeknya. Suatu hari, Diana terjatuh ketika pulang sekolah. Indah yang melihat insiden itu pribadi menolongnya.
Teks 2
Amanda ialah anak yang sangat baik di kelas. Ia selalu menolong orang lain, terutama yang sedang membutuhkan. Ia tidak pernah membeda-bedakan. Ia berkawan dengan siapa saja. Walaupun bukan anak yang paling pintar di kelas, Amanda sangat disukai oleh kawan-kawannya. Bahkan, guru-guru juga menyukainya.
Persamaan isi kedua teks tersebut ialah ....
a. menolong orang walaupun ia suka mengejek
b. disukai banyak orang sebab suka menolong
c. berkawan dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan
d. menolong siapa saja yang sedang membutuhkan
14. Bacalah paragraf diberikut!
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur mengadakan sosialisasi ke sekolah. Beliau mengatakan, sekolah harus mengedukasi siswanya semoga tidak jajan sembarangan dan membuat kantin sehat di sekolah.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yang sempurna ialah ....
a. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur seharusnya melaksanakan tindakan yang tegas pada yang melanggar.
b. Siswa yang jajan sembarangan seharusnya mendapat eksekusi dari sekolah.
c. Program kebijakan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sanggup mengakibatkan siswa lebih sehat.
d. Pembuatan kantin sehat di sekolah bekerjsama sangat merepotkan.
15. Cermati paragraf diberikut!
Besok pagi ada pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan. Bu Ratna mempersembahkan instruksi untuk membawa kantong kresek, kawat kecil, benang, dan gunting.
Makna kata bergaris bawah dalam paragraf tersebut ialah ....
a. perintah
b. pelajaran
c. petunjuk
d. peraturan
16. Perhatikan teks diberikut!
Mengolah kerang memerlukan beberapa langkah. Sesudah butir mutiara diambil dari dalam kerang, daging yang menempel pada potongan dalam cangkang dimembuang, kemudian kerang dicuci, dan dikeringkan. Perajin juga ikut membuat pola model hiasan yang diinginkan. Pola ini berfungsi sebagai cetakan untuk menggambar denah pada cangkang kerang.
Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas ialah ....
a. Mengolah kerang spesialuntuk membutuhkan dua langkah saja.
b. Daging dalam cangkang tidak perlu dimembuang untuk menghasilkan kerajinan.
c. Pembeli bisa ikut memilih pola model hiasan yang diinginkan.
d. Untuk menggambar denah pada cangkang dibutuhkan pola sebagai cetakan.
17. Cermati pidato diberikut!
Ingatlah ketika kita masih kelas 1 lampau. Waktu itu kita belum bisa membaca, tetapi kini sudah bisa membaca. Dahulu kita belum bisa menulis, tetapi kini sudah bisa menulis. Dahulu kita belum mengerti berhitung, tetapi kini sudah bisa menghitung. Tentu saja hal ini berkat kegigihan guru-guru kita dalam mengajar. Oleh sebab itu, kita sebagai siswa sudah seharusnya berbakti dan hormat kepada guru.
Isi teks pidato di atas ialah ....
a. mengingatkan kenangan masa lalu
b. mengingatkan kegigihan guru dalam mengajar
c. imbauan untuk berbakti kepada guru
d. imbauan untuk menaati segala perintah guru
18. Perhatikan teks diberikut!
Esok paginya, kami berangkat dengan memakai sepeda. Sesudah perjalanan selama 2 jam, kami sangat senang sebab bisa datang di Pantai Depok dengan selamat. Kami bersenang-senang sambil menikmati indahnya Pantai Depok hingga tanpa terasa matahari sudah berwarna jingga. Kami bergegas mengambil sepeda kemudian pulang dengan hati gembira.
Paragraf tersebut termasuk jenis ....
a. deskripsi
b. narasi
c. persuasi
d. eksposisi
19. Perhatikan iklan diberikut !
Susu sapi murni
Enak, lezat, dan bergizi !
Segera dapatkan di ....
Kata yang sempurna untuk melengkapi iklan tersebut ialah ....
a. Kedai Susu Mbok Darmi
b. Toko Sembako Pak Dani
c. Toko material terdekat
d. Warung kopi lesehan
20. Perhatikan bacaan diberikut!
Antena panjang yang kadang melebihi tubuhnya menjadi ciri khas jenis kumbang ini. Antena tersebut berfungsi sebagai radar pendeteksi objek sekitar. Antena terhubung ke mata majemuk. Hal tersebut membuat kumbang ini sanggup melihat dan mendeteksi lingkungan sekitarnya.
Kalimat utama paragraf di atas ialah ....
a. Antena panjang yang kadang melebihi tubuhnya menjadi ciri khas jenis kumbang ini.
b. Antena tersebut berfungsi sebagai radar pendeteksi objek sekitar.
c. Antena terhubung ke mata majemuk.
d. Hal tersebut membuat kumbang ini sanggup melihat dan mendeteksi lingkungan sekitarnya.
21. Perhatikan paragraf diberikut!
Hari ini, 22 September ialah hari Badak Sedunia. Peringatan “hari Badak” diadakan untuk melihat hasil dari upaya menyelamatkan binatang langka ini. Dalam rangka hari Badak Sedunia tahun 2016, World Wildlife Fund (WWF) Indonesia menyatakan, bahwa kondisi warak sumatra tak sebaik warak jawa.
Gagasan utama paragraf tersebut ialah ....
a. Tanggal 22 September ialah hari Badak Sedunia.
b. Peringatan hari Badak Sedunia.
c. WWF menyatakan kondisi warak sumatra buruk.
d. Hari Badak untuk melihat hasil evakuasi badak.
22. Perhatikan pantun diberikut!
Buah blewah tidakboleh dilempar
Nanti bermetamorfosis mangga
Anak sekolah rajin belajar
Makara juara orang renta bangga
Pesan pantun di atas ialah ....
a. Anak yang rajin berguru bisa sukses dan membanggakan orang tua.
b. Anak yang rajin berguru bisa menjadi juara dan menjadi orang yang berhasil.
c. Anak yang rajin berguru bisa menjadi juara dan membuat orang renta bangga.
d. Anak yang rajin berguru diakung guru dan membanggakan orang tua.
23. Perhatikan dongeng diberikut !
Hujan kali ini sungguh lebat. Warga melamun dan berdoa di dalam rumah. Tiba-tiba, air sungai yang tiruanla hening bermetamorfosis gemuruh. Air dari hulu sungai hadir begitu cepatnya. Menerjang apa saja di depannya. Peristiwa yang mungkin terjadi berkaitan dengan isi dongeng tersebut ialah ....
a. banjir
b. banjir bandang
c. tsunami
d. banjir rob
Bacalah kutipan teks diberikut untuk mengerjakan soal nomor 24−29 !
Saat bangkit dari rumahnya di lubang kecil di tepi telaga, katak hijau segera menceburkan diri ke telaga. Tiba-tiba ia dikagetkan oleh kawanan Semut. “Tolonglah kami Katak Hijau, kami ingin ke tanah seberang” kata Semut. “Memangnya mengapa kalian ingin ke sana?” tanya Katak. “Kami selalu diganggu oleh Rayap dan Belalang. Mereka suka sekali mengambil kuliner yang sudah kami kumpulkan” balasan Semut. Katak pun kemudian berkata “Baiklah kalau begitu. Naiklah ke punggungku.” Semut mengucapkan terima kasih. Ratusan Semut pribadi naik di punggung Katak Hijau, tetapi mereka terus bergerak-gerak sehingga membuat Katak kegelian. “Tunggu sebentar, saya kegelian. Tolong turun tiruana.” (Katak kemudian mengambil selembar daun teratai). “Nah, kini naiklah ke daun ini. Nanti, saya akan mendorong kalian tiruana hingga ke seberang.” kata Katak Hijau.
24. Bagaimana cara Katak mengantarkan Semut ke tanah seberang?
a. Menggunakan punggungnya.
b. Menggunakan daun teratai.
c. Menggunakan jembatan.
d. Menggendong hingga seberang
25. Mengapa Semut ingin pindah ke tanah seberang?
a. Semut kesusahan mencari makanan.
b. Semut diganggu oleh Rayap dan Belalang.
c. Penduduk Semut terlalu padat.
d. Di tanah seberang lebih menjanjikan.
26. Sifat tokoh Katak dalam teks drama tersebut ialah ....
a. cerdik
b. licik
c. bijaksana
d. pemaaf
27. Amanat yang terkandung dalam teks drama tersebut ialah ....
a. memmenolong orang yang kesusahan
b. memmenolong mitra yang meminta pertolongan
c. menghadapi segala cobaan
d. pindah ke kawasan yang lebih baik
28. Latar kawasan pada teks tersebut ialah ....
a. lubang kecil
b. tepi telaga
c. tanah seberang
d. rumah
29. Tokoh utama dalam drama tersebut ialah ....
a. Semut
b. Katak
c. Rayap
d. Belalang
30. Perhatikan dongeng diberikut!
“INI wajah pencuri itu. Perhatikan baik-baik dan segera tangkap kemudian bawa beliau ke sini !” Pencarian segera dilakukan. Tidak hingga satu hari, pencuri itu sudah tertangkap. Di hadapan Raja ia mengakui kesalahannya sudah mencuri kalung milik Putri Mayang.
Nilai moral positif pada dongeng di atas ialah ....
a. menjunjung tinggi kejujuran
b. patuh pada perintah
c. berani mengakui kesalahan
d. bertanggung jawaban
31. Pulang dari Semarang, tante membawakanku [....]. Ungkapan yang sempurna untuk melengkapi
kalimat tersebut ialah ....
a. buah tangan
b. tangan kanan
c. panjang tangan
d. tangan dingin
32. Perhatikan dongeng diberikut!
“Cepat keluar tiruana dari kendaraan beroda empat atau Bapak Tua ini akan celaka!” hardik salah seorang dari mereka seraya menarikdanunik baju Pak Tohir. “Aduh... jantungku sakit!” Pak Tohir tiba-tiba menjerit sambil menekan dada sebelah kirinya. Kemudian Pak Guru renta itu berjalan sempoyongan keluar dari kendaraan beroda empat dan karenanya jatuh tersungkur di depan kendaraan beroda empat kami. Kejadian itu menarikdanunik perhatian beberapa orang yang kebetulan sedang lewat. Melihat orang-orang berhadiran, ketiga penjahat itu gelagapan dan karenanya melarikan diri. Sesudah ketiga penjahat itu pergi, Ayah dimenolong beberapa orang berusaha untuk mengangkat Pak Tohir. Mereka terkejut sebab Pak Tohir justru dengan sigap bangkit sendiri sambil memmembersihkankan bajunya yang kotor. “Maaf tadi saya spesialuntuk berpura-pura,” katanya.
Simpulan dongeng tersebut ialah ....
a. Pak Tohir spesialuntuk berpura-pura terkena serangan jantung supaya penjahat itu pergi.
b. Pak Tohir terkena serangan jantung ketika sedang dirampok.
c. Pak Tohir sembuh dari penyakit jantungnya setelah penjahat pergi.
d. Pak Tohir ialah orang renta yang mempunyai riwayat penyakit jantung.
33. Perhatikan syair diberikut !
Jadilah orang yang mulia
Dikagumi sebab prestasinya
Dibanggakan sebab akhlaknya
Dicintai sebab kebaikannya
Maksud syair di atas ialah ....
a. Jika menjadi orang mulia, banyak orang yang mengidolakan.
b. Orang yang mulia dikagumi, dibanggakan, dan dicintai oleh tiruana orang.
c. Menjadi orang yang mulia tidak praktis untuk dilakukan.
d. Orang yang mulia mempunyai prestasi, akhlak, dan kebaikan serta disukai banyak orang.
34. Bacalah paragraf diberikut !
Kata ayahku, setiap hari Pak Somad berperahu menghampiri rumah-rumah penduduk di sepanjang bantaran sungai, termasuk rumah nenekku. Hanya untuk mengantarkan materi kuliner ibarat beras, sayuran, dan lauk-pauk yang dibelinya dari pasar untuk dijual kembali kepada penduduk.
Tema bacaan di atas ialah ....
a. kekeluargaan
b. lingkungan
c. pendidikan
d. pekerjaan
35. Perhatikan paragraf diberikut!
Pak Suryadi menyisihkan sebagian penghasilannya untuk keperluan buku dan alat tulis anakdidik-anakdidiknya. Bahkan ketika ayah dan beberapa orang anakdidik lain ingin melanjutkan ke SMP, Pak Suryadi yang mengantarkan mereka dengan mengayuh bahtera sendiri ke kampung seberang sebab di Kampung Melayu belum ada Sekolah Menengah Pertama waktu itu.
Maksud kalimat bercetak miring ialah ....
a. Pak Suryadi selalu membelikan anakdidikanakdidiknya buku-buku dan alat tulis.
b. Pak Suryadi meminta menolongan buku dan alat tulis pada pemerintah.
c. Pak Suryadi membelikan buku dan alat tulis untuk anakdidiknya dengan sebagian uang penghasilannya.
d. Pak Suryadi mengharuskan anakdidiknya membeli buku dan alat tulis.
36. Perhatikan kalimat-kalimat diberikut!
Teknik Mengepel Lantai
(1) Peras kain pel hingga air sudah tidak menetes.
(2) Celupkan kain pel ke dalam cairan pemmembersihkan yang sudah tergabung air.
(3) Mulailah mengepel lantai secara merata.
(4) Campurkan cairan pemmembersihkan dengan air sesuai petunjuk pemakaian.
(5) Bersihan debu dari lantai dengan sapu atau pemmembersihkan debu.
Urutan petunjuk cara mengepel lantai yang benar ialah ....
a. (1)−(2)−(3)−(4)−(5)
b. (4)−(2)−(1)−(3)−(5)
c. (2)−(1)−(4)−(5)−(3)
d. (5)−(4)−(2)−(1)−(3)
37. Perhatikan kalimat-kalimat diberikut !
(1) Rino segera memapahnya ke rumah.
(2) Nando sedang bermain di rumah Rino
(3) Lututnya memar dan pergelangan kakinya terkilir.
(4) Ibu Rino segera memdiberi kan kontribusi pertama sebelum Nando dibawa ke puskesmas.
(5) Ketika sedang bermain bola, tiba-tiba Nando jatuh.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf dengan urutan ....
a. (2)−(5)−(3)−(1)−(4)
b. (2)−(3)−(5)−(1)−(4)
c. (2)−(5)−(3)−(4)−(1)
d. (2)−(3)−(4)−(5)−(1)
38. Perhatikan kalimat-kalimat diberikut !
Teknik Memasak Nasi dengan Rice Cooker
(1) Masukkan ke dalam rice cooker.
(2) Tekan tombolnya dan tunggu hingga matang.
(3) Cuci beras hingga membersihkan kemudian diberi air secukupnya.
(4) Takar beras secukupnya.
(5) Colokkan kabel rice cooker ke sumber listrik.
Urutan petunjuk cara membuat nasi dengan rice cooker yang benar ialah ....
a. (4)−(3)−(5)−(1)−(2)
b. (4)−(1)−(3)−(5)−(2)
c. (4)−(3)−(1)−(5)−(2)
d. (4)−(1)−(5)−(3)−(2)
39. Perhatikan kalimat-kalimat diberikut!
(1) Ia merayakan ulang tahun di panti asuhan itu dengan membagikan bingkisan pada belum dewasa di panti asuhan.
(2) Tanggal 10 Juni ialah ulang tahun Jundi.
(3) Jundi sangat senang bisa memmenolong orang lain di hari bahagianya.
(4) Ia ingin merayakannya dengan cara yang tidak biasa.
(5) Saat hari ulang tahunnya tiba, ia mengunjungi panti asuhan di kotanya.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf yang baik dengan urutan ....
a. (2)−(4)−(1)−(5)−(3)
b. (2)−(5)−(1)−(3)−(4)
c. (2)−(4)−(5)−(1)−(3)
d. (2)−(5)−(1)−(4)−(3)
40. Perhatikan kalimat-kalimat diberikut!
(1) Aduk hingga tergabung rata.
(2) Masukan kelapa muda dan airnya ke dalam gelas saji.
(3) Es kelapa muda siap dinikmati.
(4) Tambahkan gula jawa dan es batu.
(5) Siapkan kelapa muda, air kelapa muda, gula jawa, dan es batu.
Urutan petunjuk yang sempurna cara membuat es kelapa muda ialah ....
a. (5)−(4)−(2)−(1)−(3)
b. (5)−(2)−(4)−(1)−(3)
c. (5)−(4)−(1)−(2)−(3)
d. (5)−(2)−(1)−(4)−(3)
41. Penggunaan ejaan yang sempurna terdapat pada kalimat ....
a. Savina berpikir untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.
b. Savina berfikir untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.
c. Savina berpikir untuk melanjutkan kuliah di luar negri.
d. Savina berfikir untuk melanjutkan kuliah di luar negri.
42. Perhatikan teks diberikut!
Pukul 05.00 kami hingga di Asrama Pondok Gede. Kami segera mandi, sarapan, dan mempersiapkan diri sebab bus akan berangkat pukul 07.00 tepat. [....] Walaupun masih mengantuk sebab perjalanan jauh, kami tetap semangat dan penamasukan.
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks tersebut ialah ....
a. Pukul 07.00 bus berangkat menuju objek wisata pertama, yaitu Taman Mini Indonesia Indah.
b. Kemudian kami sarapan di hotel dan segera naik bus.
c. Tak lama kemudian, karenanya hingga di kawasan tujuan.
d. Karena perjalanan sangat jauh, kami pulas lampau di bus.
43. Perhatikan pidato diberikut!
Seringkali kita melihat anakdidik-anakdidik memmembuang sampah sembarangan. Sebagai masyarakat sekolah tentu kita tidak ingin melihat sampah awut-awutan di mana-mana. [....]
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi pidato tersebut ialah ....
a. Sampah tadi juga sanggup mencemari lingkungan sekolah kita, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
b. Sampah tersebut sanggup mengakibatkan wabah penyakit di lingkungan masyarakat.
c. Marilah kita menyuruh anakdidik-anakdidik memmembuang sampah pada tempatnya.
d. Sampah tersebut harus segera dimembersihkankan oleh tukang kebun.
44. Perhatikan acara menelepon dengan handphone diberikut !
(1) Tekan nomor yang ingin anda telepon!
(2) Tekan tombol hijau untuk menelepon!
(3) Bicaralah seperlunya!
(4) ....
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi potongan rumpang tersebut ialah ....
a. Cek apakah yang anda telepon sudah selesai!
b. Segera lakukan isi ulang kalau pulsa habis!
c. Tutup telepon dengan menekan tombol merah!
d. Matikan telepon setelah berbicara!
45. Pada rabu malam, terjadi banjir bandang di kabupaten sumedang Jawa Barat.
Perbaikan ejaan yang sempurna pada kalimat di atas ialah ....
a. Pada rabu malam, terjadi Banjir Bandang di kabupaten Sumedang Jawa Barat.
b. Pada Rabu malam, terjadi banjir bandang di Kabupaten Semedang Jawa Barat.
c. Pada Rabu malam, terjadi Banjir Bandang di Kabupaten SumedangJawa Barat.
d. Pada rabu malam, terjadi banjir bandang di kabupaten Sumedang Jawa Barat.
46. Amel berbelanja: buncis, sawi, wortel dan kol di pasar.
Perbaikan tanda baca yang sempurna pada kalimat di atas ialah ....
a. Amel berbelanja: buncis, sawi, wortel, dan kol di pasar.
b. Amel berbelanja, buncis, sawi, wortel dan kol di pasar.
c. Amel berbelanja buncis, sawi, wortel dan kol, di pasar.
d. Amel berbelanja buncis, sawi, wortel, dan kol di pasar.
47. Perhatikan teks diberikut!
Tanpa sengaja, Novi memecahkan gelas yang akan dipakai untuk percobaan (1) pada pelajaran IPA. Akan tetapi, Bu Maya spesialuntuk menasehati (2) dengan bunyi yang lembut. Novi yang pertamanya ketakutan kini menjadi sudah tidak takut (3) lagi. Ia berjanji untuk berhati-hati (4).
Penggunaan ejaan yang salah terdapat pada nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
48. Perhatikan kalimat diberikut!
Ibu Rena menerangkan: “misal sampah organik contohnya kertas bekas, karton bekas, kain bekas, dan daun pembungkus makanan.”
Tanda baca yang tidak sempurna penerapannya ialah ....
a. tanda titik dua (:) setelah kata menerangkan
b. tanda petik ganda (“...”)
c. tanda koma (,) setelah kata bekas
d. tanda titik (.) setelah kata makanan
49. Perhatikan kalimat diberikut!
Pelajari bentuk dan gaya yang dipakai oleh penyair-penyair populer supaya mengenal struktur, format, sajak dan unsur lain yang dipakai dalam menulis puisi.
Penggunaan tanda baca yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut ialah ....
a. tanda koma (,) setelah kata gaya
b. tanda koma (,) setelah kata terkenal
c. tanda koma (,) setelah kata mengenal
d. tanda koma (,) setelah kata sajak
50. Sejak dari kemarin Ranti spesialuntuk membisu saja. Ia seharusnya berangkat sekolah hari ini. Akan tetapi, ia tidak mau berangkat. Kata Yogi, Ranti punya duduk kasus dengan gurunya. Ia takut berangkat sekolah.
Perbaikan yang sempurna untuk kalimat pertama dalam paragraf tersebut ialah ....
a. Sejak kemarin Ranti spesialuntuk membisu saja.
b. Sejak hari kemarin Ranti spesialuntuk membisu saja.
c. Sejak kemarin Ranti spesialuntuk rahasia saja.
d. Sejak waktu kemarin Ranti spesialuntuk membisu saja.
Jika ingin mendownload soal, diberikut ini linknya ↓
Download Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018
Kunci Jawaban
1. d. Sambil menyelam minum air2. d. melaluiataubersamaini menghormati ayah dan ibu, hidup kita kelak niscaya bahagia
3. c. Nona manis tidakboleh cemberut
4. a. Nama binatang tersebut ialah kucing. Kakinya ada empat. Dia punya cakar yang tajam. Tubuhnya penuh bulu. Makanannya ikan. Setiap saya panggil dengan sebutan pus, beliau pribadi menjawaban meong.
5. c. 1 – 3 – 2 – 4
6. b. di mulai
7. b. pisah (-)
8. a. narasi
9. c. panjang tangan
10. d. Oleh sebab itu, marilah kita bahu-membahu menjaga kemembersihkanan lingkungan sekolah kita.
11. a. Bunglon ialah salah satu binatang yang unik.
12. b. Bunglon ialah binatang yang unik sebab mempunyai kemampuan sanggup mengubah warna kulitnya untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.
13. d. menolong siapa saja yang sedang membutuhkan
14. c. Program kebijakan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sanggup mengakibatkan siswa lebih sehat.
15. a. perintah
16. d. Untuk menggambar denah pada cangkang dibutuhkan pola sebagai cetakan.
17.c. imbauan untuk berbakti kepada guru
18. b. narasi
19. a. Kedai Susu Mbok Darmi
20. a. Antena panjang yang kadang melebihi tubuhnya menjadi ciri khas jenis kumbang ini.
21. b. Peringatan hari Badak Sedunia.
22. c. Anak yang rajin berguru bisa menjadi juara dan membuat orang renta bangga.
23. b. banjir bandang
24. b. Menggunakan daun teratai.
25. b. Semut diganggu oleh Rayap dan Belalang.
26. c. bijaksana
27. a. memmenolong orang yang kesusahan
28. b. tepi telaga
29. b. Katak
30. c. berani mengakui kesalahan
31. a. buah tangan
32. a. Pak Tohir spesialuntuk berpura-pura terkena serangan jantung supaya penjahat itu pergi.
33. d. Orang yang mulia mempunyai prestasi, akhlak, dan kebaikan serta disukai banyak orang.
34. d. pekerjaan
35. c. Pak Suryadi membelikan buku dan alat tulis untuk anakdidiknya dengan sebagian uang penghasilannya.
36. d. (5)−(4)−(2)−(1)−(3)
37. c. (2)−(5)−(3)−(4)−(1)
38. c. (4)−(3)−(1)−(5)−(2)
39. c. (2)−(4)−(5)−(1)−(3)
40. b. (5)−(2)−(4)−(1)−(3)
41. a. Savina berpikir untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.
42. a. Pukul 07.00 bus berangkat menuju objek wisata pertama, yaitu Taman Mini Indonesia Indah.
43. a. Sampah tadi juga sanggup mencemari lingkungan sekolah kita, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
44. c. Tutup telepon dengan menekan tombol merah!
45. b. Pada Rabu malam, terjadi banjir bandang di Kabupaten Semedang Jawa Barat.
46. d. Amel berbelanja buncis, sawi, wortel, dan kol di pasar.
47. b. (2)
48. a. tanda titik dua (:) setelah kata menerangkan
49. d. tanda koma (,) setelah kata sajak
50. a. Sejak kemarin Ranti spesialuntuk membisu saja.
Warning : Harap tidak mengcopy paste dan mempublish ulang Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018 yang ada di blog juraganles.com. Jadilah blogger kreatif dengan tidak melaksanakan copy paste dan mempublish ulang ! Terima kasihDemikianlah Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018 yang disusun oleh admin juraganles.com. Semoga bermanfaa untuk kita tiruana.