Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Panduan Operasional Bimbingan Dan Konseling Untuk Sd Mi


Pada pendidikan sekolah dasar (SD/MI) bimbingan dan konseling sangat diharapkan untuk memmenolong tercapainya perkembangan pribadi, sosial, belajar, dan karir penerima didik. sepertiyang yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 111 tahun 2014 wacana Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Peserta didik sekolah dasar berada pada usia emas perkembangan dan yakni masa membangun pengalaman berguru pertama yang bermakna. Pada usia ini penerima didik berada pada masa peka dalam membuatkan seluruh potensi dan kecerdasan otak mencapai 80%.

Guru bimbingan dan konseling atau konselor dan guru kelas/mata pelajaran mempunyai tugas penting untuk mempersembahkan ransangan yang tepat sehingga sel-sel otak berkembang dan berfungsi secara optimal untuk mendukung kematangan tiruana aspek perkembangan.

Perkembangan yang optimal pada usia di SD menjadi fondasi yang berpengaruh bagi perkembangan pada tahap-tahap diberikutnya. Pengalaman berguru pertama yang sangat senang dan bermakna bagi anak mendorong anak untuk memahami fungsi berguru bagi dirinya dan memotivasi untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Pada dikala ini penerima didik hidup dalam masyarakat semakin heterogen, teknologi semakin canggih, dan peluang berkembang semakin luas. Peserta didik menghadapi tantangan-tantangan yang unik dan bervariasi, yang berdampak pada perkembangan pribadi, sosial, belajar, dan karir.

Untuk memmenolong penerima didik menjadi generasi penerus yang siap menghadapi kondisi tersebut, diharapkan pemberian orangtua, guru, guru bimbingan dan konseling atau konselor, serta orang-orang remaja lain di sekitarnya.

Masa sekolah di SD yakni waktu yang baik bagi penerima didik untuk membuatkan konsep diri dan perasaan bisa serta percaya diri sebagai pembelajar.

Peserta didik mulai membuatkan keterampilan mengambil keputusan, berkomunikasi, dan keterampilan hidup. Di samping itu, penerima didik juga membuatkan dan menguasai perilaku yang tepat terhadap sekolah, diri sendiri, mitra sebaya, kelompok sosial, dan keluarga.

Lampiran pola format manajemen bimbingan dan konseling SD MI


  1. misal Data yang Dikumpulan dalam Perencanaan Program
  2. misal Tabulasi dan Analisis Data Permasalahan Siswa
  3. misal Kebutuhan Sarana dan Pramasukana Program Bimbingan dan Konseling
  4. misal Rumusan Kebutuhan Peserta Didik dalam Bentuk Perilaku
  5. misal Rumusan Tujuan
  6. misal Rencana Operasional Bimbingan dan Konseling
  7. misal Jadwal Kegiatan Bim bingan dan Konseling
  8. misal Rincian Anggaran Bimbingan dan Konseling
  9. misal Program Semester
  10. misal Format RPL Konseling Individual
  11. misal Format Laporan Konseling Individual
  12. misal Format Kepuasan Konseling Individual
  13. misal Format RPL Konseling Kelompok
  14. misal Format Laporan Konseling Kelompok
  15. misal Format Kepuasaan Konseling Kelompok
  16. misal Format RPL Bimbingan Kelompok
  17. misal Format Laporan Bimbingan Kelompok
  18. misal Format RPL Bimbingan Klasikal
  19. misal Format Laporan Bimbingan Klasikal
  20. misal Format Bimbingan Kelas Besar / Lintas Kelas
  21. misal Format Laporan Bimbingan Kelas Besar / Lintas kelas
  22. misal Format Laporan Konsultasi
  23. misal Format Laporan Kolaborasi
  24. misal Format Alih Tangan Kasus
  25. misal Format Laporan Alih Tangan Kasus
  26. misal Format Laporan Kunjungan Rumah
  27. misal Format Laporan Advokasi
  28. misal Format Laporan Konferensi Kasus
  29. misal Format L aporan Kegiatan T ambahan
  30. misal Format Laporan Pengembangan Keprofesionalan
  31. misal Format Laporan Karya Ilmiah dan Inovatif
  32. misal Laporan Keikutsertaan dalam Organisasi Profesi
  33. misal Angket Evaluasi Hasil Layanan Bimbingan dan Konseling Klasikal
  34. misal Instrumen Observasi terhadap Proses Layanan Bimbingan dan Konseling
  35. misal Skala Asesmen Layanan BK berdasarkan Siswa
  36. misal Skala Kepuasan Orangtua
  37. misal Skala Kepuasan Guru dan Kepala Sekolah
  38. misal Rangkuman Evaluasi Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling
  39. misal Sistematika Laporan Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling
  40. Jurnal Harian Kegiatan Bimbingan dan Konseling
  41. misal Equivalensi Kegiatan Bimbingan dan Konseling dengan Jam Kerja

Download Panduan Operasional Penyelenggaraan BK Untuk SD MI


Selengkapnya bisa anda download pada link diberikut ini:
Download

Demikian yang bisa saya sampaikan, atas segala belum sempurnanya mohon maaf ya. Semoga apa yang saya bagikan bisa mempersembahkan manfaat untuk perkembangan penerima didik kita tiruana. Amin...