Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Panduan Penyusunan Soal Hots (Higher Order Thinking Skill) Pdf


Panduan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) ini hasil buah tangan rapat sosialisasi di Kemenag tingkat kabupaten. Karena itulah saya juga ingin mengembangkan file PDF kepada anda tiruana para guru dan pemangku kepentingan ihwal Panduan penyusunan soal hots.

Panduan soal hots ini dilengkapi dengan Perbandingan asesmen tradisional dan asesmen kontekstual Programme for International Student Assessment (PISA), Kreativitas menuntaskan permasalahan dalam HOTS, Pengelompokan level kognitif, misal soal HOTS, Kartu soal, Instrumen telaah soal hots, Pedoman Penskoran, dan Instrumen telaah soal hots bentuk tes pilihan ganda/uraian

baca juga:
6 Bentuk Tingkatan Soal Kognitif
Panduan Teknik Menyusun Soal dan Kisi-Kisi Yang Baik

Permendikbud No. 59 Tahun 2014 ihwal Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah , menyatakan bahwa salah satu dasar penyempurnaan kurikulum yaitu adanya tantangan internal dan eksternal. Tantangan eksternal antara lain terkait dengan arus globalisasi dan banyak sekali warta yang terkait dengan problem lingkungan hidup, kemajuan teknologi dan informasi, kebangkitan industri kreatif, budaya, dan perkembangan pendidikan di tingkat internasional.

Soal-soal HOTS ialah instrumen pengukuran yang dipakai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi,

  • transfer satu konsep ke konsep lainnya,
  • memproses dan menerapkan informasi,
  • mencari kaitan dari banyak sekali informasi yang tidak sama-beda,
  • menggunakan informasi untuk menuntaskan masalah, dan
  • menelaah wangsit dan informasi secara kritis.

Meskipun demikian, soal-soal yang berbasis HOTS tidak berarti soal yang lebih susah daripada soal recall. Mengukur dimensi metakognitif, tidak sekadar mengukur dimensi faktual, konseptual, atau prosedural saja. Dimensi metakognitif menggambarkan kemampuan menghubungkan beberapa konsep yang tidak sama, menginterpretasikan, memecahkan problem (problem solving), menentukan taktik pemecahan masalah, menemukan (discovery) metode baru, berargumen (reasoning), dan mengambil keputusan yang tepat.

Karakteristik Soal-soal HOTS


1. Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi
menganalisis, merefleksi, mempersembahkan argumen (alasan), menerapkan konsep pada situasi tidak sama, menyusun, menciptakan. The Australian Council for Educational Research (ACER)
2. Berbasis permasalahan kontekstual
menghubungkan (relate), menginterpretasikan (interprete), menerapkan (apply) dan mengintegrasikan (integrate)
3. Menggunakan bentuk soal beragam
Pilihan ganda, Pilihan ganda kompleks (benar/salah, atau ya/tidak), Isian singkat atau melengkapi, Jawaban singkat atau pendek dan Uraian

b. Pilihan ganda kompleks (benar/salah, atau ya/tidak)


Bertujuan untuk menguji pemahaman penerima asuh terhadap suatu problem secara komprehensif yang terkait antara pernyataan satu dengan yang lainnya.

  • Memuat stimulus yang bersumber pada situasi kontekstual.
  • Peserta asuh didiberikan beberapa pernyataan yang terkait dengan stilmulus/bacaan,
  • Peserta asuh diminta menentukan benar/salah atau ya/tidak.
  • Pernyataan-pernyataan yang didiberikan tersebut terkait antara satu dengan yang lainnya.
  • Susunan pernyataan benar dan pernyataan salah supaya diacak secara random, tidak sistematis mengikuti contoh tertentu. Susunan yang terencana sistematis sanggup memdiberi petunjuk kepada jawabanan yang benar.

baca juga:
Aplikasi Analisis Soal Tematik Perguruan Tinggi Swasta dan PAS Format Excel
misal Format Analisis Soal Ulangan Harian Format Excel

c. Isian singkat atau melengkapi


Soal yang menuntut penerima tes untuk mengisi jawabanan singkat dengan cara mengisi kata, frase, angka, atau simbol. Karakteristik soal isian singkat atau melengkapi yaitu sebagai diberikut.
1) Bagian kalimat yang harus dilengkapi sebaiknya spesialuntuk satu bab dalam ratio butir soal, dan paling banyak dua bab supaya tidak membingungkan siswa.
2) Jawaban yang dituntut oleh soal harus singkat dan niscaya yaitu berupa kata, frase, angka, simbol, tempat, atau waktu.

d. Jawaban singkat atau pendek


Soal yang jawabanannya berupa kata, kalimat pendek, atau frase terhadap suatu pertanyaan.
Karakteristik
1) Menggunakan kalimat pertanyaan pribadi atau kalimat perintah;
2) Pertanyaan atau perintah harus jelas, supaya menerima jawabanan yang singkat;
3) Panjang kata atau kalimat yang harus dijawaban oleh siswa pada tiruana soal diusahakan relatif sama;
4) Hindari penerapan kata, kalimat, atau frase yang diambil pribadi dari buku teks, lantaran akan mendorong siswa untuk sekadar mengingat atau menghafal apa yang tertulis dibuku.

Download Panduan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) PDF


Selengkapnya bisa anda download pada link diberikut ini:
Download

Itulah dari saya ihwal Panduan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) PDF semoga bisa mempersembahkan citra untuk meningkatkan kualitas gaya pikir masing-masing. Amin...